SOLUSI CERDAS TERPERCAYA Jadilah cahaya. Jadilah binar dalam gelap. Jadilah inspirasi yang membuat perbedaan besar

Pelayanan Puskopdit BKCU Kalimantan

Pelayanan yang ditawarkan meliputi Bidang Keuangan, Bidang JALINAN dan Non Keuangan

Bidang Keuangan


Kami memberikan pelayanan kepada  Credit Union Primer dalam bidang keuangan antara lain:

A.    SILANG PINJAM DAERAH (SPD)
SPD memiliki dua produk terdiri dari :
1.    Simpanan
1.1.    Simpanan Saham terdiri dari simpanan pokok dan simpanan wajib.
1.2.    Simpanan non-saham terdiri dari:

  • Sikodit (Simpanan Koperasi Kredit), Simpanan harian yang digunakan sebagai media transfer uang antar CU anggota BKCU Kalimantan dan sebagai media pembayaran kewajiban CU anggota BKCU Kalimantan seperti setoran Simpanan , pembayaran Pinjaman, Iuran Jalinan dan Iuran  Solidaritas.
  • Siklus (Simpanan Kredit Luhur Sejati), Simpanan balas jasa harian yang menghimpun dana dari pinjaman oleh CU Anggota Puskopdit BKCU Kalimantan dan berfungsi mengembangkan asset anggota dari sisi simpanan.

2.    Pinjaman

  • Umum, Pinjaman umum  yaitu pinjaman yang diberikan kepada CU Primer anggota BKCU Kalimantan dengan tujuan untuk modal kerja dan pelayanan Credit Union kepada anggotanya.
  • Aktiva Tetap, Pinjaman untuk aktiva tetap yaitu pinjaman yang diberikan kepada CU Primer anggota BKCU Kalimantan dengan tujuan untuk Pengadaan Aktiva Tetap.
  • Likuiditas, Pinjaman likuiditas  yaitu pinjaman yang diberikan kepada CU Primer anggota BKCU Kalimantan dengan tujuan dan keperluan yang mendesak.
  • Siklus, Pinjaman yang ditabungkan kembali ke simpanan Siklus.

B.    OPERASIONAL UMUM
Bidang kerja BKCU Kalimantan yang menghimpun penerimaan iuran solidaritas dan penerimaan lainnya sekaligus mengelola penggunaan dan pengeluaran sebagai operasional lembaga.

Bidang Jalinan


Bidang yang berfungsi mengelola resiko atas perlindungan simpanan dan piutang anggota CU. Semua CU anggota BKCU Kalimantan wajib menjadi peserta Jalinan serta mematuhi kebijakannya. Jalinan memiliki 2 produk yaitu:

A.    TUNAS  (Santunan Solidaritas Anggota)
Santunan Solidaritas yang diberikan kepada ahli waris anggota yang meninggal dunia yang dihitung berdasarkan simpanan saham dan simpanan setara saham almarhum yang diikutsertakan dalam program Jalinan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan. Tunas merupakan wujud solidaritas para anggota dalam meringankan beban duka cita ahli waris anggota yang meninggal dunia.


B.    LINTANG (Perlindungan Piutang Anggota)

Perlindungan Piutang Anggota yang meninggal dunia atau cacat total tetap yang dihitung berdasarkan saldo piutang almarhum  atau anggota cacat total tetap sesuai ketentuan yang telah ditetapkan. Lintang diberikan kepada CU peserta Jalinan yang merupakan perlindungan atas risiko piutang anggota yang meninggal dunia atau cacat total tetap.

Bidang Non Keuangan


Kami memberikan pelayanan Non Keuangan kepada Credit Union Primer antara lain.

A.    Pendidikan dan Pelatihan

Diklat Internal
Diklat yang dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan serta kualitas Pengurus, Pengawas dan Manajemen BKCU Kalimantan  dengan tujuan menunjang perkembangan lembaga. Pelaksanaannya bisa dilakukan secara internal di BKCU Kalimantan atau mengikuti pelatihan ditingkat Nasional atau Internasional seperti pelatihan yang diselenggarakan oleh Inkopdit dan ACCU.

Diklat Eksternal
Diklat yang dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan serta kualitas Pengurus, Pengawas dan Manajemen Credit Union anggota BKCU Kalimantan. Credit Union anggota BKCU Kalimantan dapat memilih jenis pelatihan yang akan diikuti sesuai dengan pelatihan yang diperlukan.

B.    Audit dan monitoring

  1. Audit, Tujuannya untuk menilai tingkat kesehatan Credit Union secara objektif berdasarkan prinsip independensi. Audit GKKI merupakan pelayanan internal audit dan pemberdayaan, maka lebih banyak memberikan saran untuk perbaikan sesuai temuan-temuan yang diperoleh. Audit yang diberikan mencakup audit umum dan audit khusus. Audit umum merupakan audit terhadap aspek hukum, aspek organisasi, aspek keuangan, dan aspek manajemen. Sedangkan audit khusus adalah audit terhadap beberapa aspek. Hasil audit yang dilakukan oleh BKCU Kalimantan dilaporkan secara tertulis kepada CU yang bersangkutan.
  2. Monitoring, Tujuannya untuk memantau dan mengawasi secara periodik atas aktivitas dan perkembangan CU. Hasil monitoring yang dilakukan oleh BKCU Kalimantan dilaporkan secara tertulis kepada CU yang bersangkutan.

C.    Penelitian dan Pengembangan
Fungsinya menghimpun dan menganalisis serta menyediakan data-data perkembangan CU primer secara periodik.

D.    Teknologi Informasi
Pelayanan yang mengelola sistem teknologi informasi yang tujuannya untuk  meningkatkan pelayanan dan mempublikasikan gerakan CU melalui website.

E.    Administrasi dan Umum
Bidang kerja yang berfungsi mengelola administrasi umum dan fasilitas lembaga.