SOLUSI CERDAS TERPERCAYA Jadilah cahaya. Jadilah binar dalam gelap. Jadilah inspirasi yang membuat perbedaan besar

Credit Union Muare Pesisir

Credit Union Wilayah Kalimantan Barat

Selamat Datang Di Credit Union Muare Pesisir


Kami merupakan CU yang memberikan pelayanan di wilayah Kalimantan Barat sejak 2004
dan saat ini telah memiliki 6 tempat pelayanan/kantor pelayanan

Informasi Umum

Tanggal Berdiri: 10 Mei 2003
Tanggal Bergabung: 4 Februari 2004
Jumlah Tempat Pelayanan / Kantor Pelayanan: 6

No. Telepon: 7008119
Email: [email protected]

Alamat:
Jalan Raya Sungai Kakap, Sungai Kakap, Kubu Raya, Kalimantan Barat

Deskripsi Credit Union Muare Pesisir

Deskripsi umum mengenai Credit Union Muare Pesisir



PROFIL CREDIT UNION MUARE PESISIR
VISI
Menjadi Credit Union Yang Berkualitas dan Terpercaya.
MISI
Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Anggota Melalui Penyadaran, Pendampingan Dan Pelayanan Keuangan.
SLOGAN
“Bekerjasama wujudkan kesejahteraan”
NILAI-NILAI INTI:
K I T E
Komitmen:
Pengurus, Pengawas, Manajemen dan Anggota berpegang teguh dan fokus melaksanakan aturan-aturan yang berlaku.
Integritas:
Pengurus, Pengawas, Manajemen dan Anggota selalu konsisten antara tindakan dengan nilai-nilai dan prinsip-prinsip Credit Union.
Team Work:
Pengurus, Pengawas dan Manajemen harus mampu Membangun kerjasama yang kuat dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab untuk mencapai tujuan Credit Union Muare Pesisir
Etika:
Pengurus, Pengawas dan Manajemen harus berprilaku yang baik yang dilakukan secara sadar dalam kehidupan sehari-hari
SEJARAH CREDIT UNION MUARE PESISIR
Apa itu Credit Union?
Credit union berasal dari kata credere atau credo yang artinya percaya, dan union berarti perkumpulan. Defenisi credit union adalah “Badan usaha yang dimiliki oleh sekumpulan orang dalam ikatan pemersatu yang bersepakat untuk menabungkan uang mereka sehingga menciptakan modal bersama guna dipinjamkan diantara sesama mereka dengan bunga yang layak serta untuk tujuan produktif dan kesejahteraan”.
Credit Union tidak hanya berfungsi sebagai sebuah lembaga yang hanya mengelola keuangan, Credit Union juga merupakan sebuah gerakan yang didasari oleh sikap saling percaya. Tujuannya adalah untuk saling memberdayakan, memperkuat solidaritas, dan membangun kesejahteraan masyarakat, dimana pelakunya adalah anggota itu sendiri, dari anggota, Oleh anggota dan untuk anggota. Pemberdayaan disegala aspek kehidupan anggota, mulai dari aspek ekonomi, moral sosial, politik dan hukum, ini memperjelas bahwa CU bukan hanya sebagai sebuah lembaga yang hanya mengelola keuangan saja.

Sekilas Tentang Credit Union Muare Pesisir (CUMP)
Credit Union Muare Pesisir (CUMP) berdiri tanggal 10 Mei 2003 di Desa Sungai Itik Kec. Sungai Kakap Kab. Kubu Raya yang berawal dari program capacity building Jaringan Rakyat Kakap (JRK) yang didampingi oleh Lembaga Gemawan membentuk kelompok Tani dan Nelayan namun diperjalanan waktu kelompok Tani dan Nelayan tersebut mengalami kesulitan dalam pengembangan usaha yang pada akhirnya memutuskan untuk membetuk Credit Union. Sebelum memutuskan membentuk CU Muare Pesisir bebarapa aktivis melakukan studibanding ke CU Pancur Kasih dan CU Lantang Tipo, sepulang dari studi banding ditindak lanjuti dengan melakukan strategic panning (perencanaan strategis) yang difasilitasi oleh Lembaga Gemawan yang didukung oleh Pemberdayaan Otononomi Rakyat Pancur Kasih (POR PK).
Awal berdiri CU Muare Pesisir terdiri dari +54 orang anggota, dengan 6 orang staf managemen. Diklat pertama yang diikuti staf managemen adalah pembukuan dasar CU yang diadalah oleh Puskopdit BKCU Kalimantan yang waktu itu masih bernama BK3D, setelah mengikuti pelatihan para staf dimagangkan ke CU Lain yaitu CU keling kumang, CU Lantang Tipo dan ke CU Semarong yang pada akhirnya dari mengikuti pelatihan dan pengalaman magang menjadi modal dasar untuk mengembangkan CU Muare Pesisir menjadi lembaga yang kuat dan propesional.
Pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2009 yang dilaksanakan pada tanggal 30 Januari tahun 2010 yang bertempat di Aula Kantor Capat Pontianak Barat diadakan pemilihan pengurus baru dikarenakan berakhirnya kepengurusan yang sebelumnya. Berdasarkan laporan RAT yang disajikan, CU Muare Pesisir saat itu sudah memiliki Tempat Pelayanan (TP) sebanyak 5 buah yaitu TP. Kakap, TP. Pontianak, TP. Teluk Pakedai, TP. Padang Tikar dan TP. Balai Pinang, ini merupakan hasil kerja keras dari semua aktivis CU Muare Pesisir beserta lembaga pendamping, namun sangat disayangkan tidak lama setelah RAT CU Muare Pesisir Tahun Buku 2009 dilaksanakan terjadi perbedaan pendapat yang mengakibatkan lembaga pendamping Gemawan menyatakan tidak lagi mendampingi CU Muare Pesisir serta Manager Umum dan Manager Operasional menyatakan mengundurkan diri dari CU Muare Pesisir, yang mengakibatkan 2 Tempat Pelayanan (TP) yaitu TP. Padang Tikar dan TP. Balai Pinang ikut memisahkan diri yang berdiri sendiri menjadi CU Gemawan.
Dengan kejadian tersebut tentu CU Muare Pesisir merasa sangat kehilangan karena ditinggal oleh para pucuk pimpinan managemen dan lembaga pendamping. Namun berkat kerja keras dan semangat tidak putus asa serta selalu belajar akhirnya CU Muare Pesisir bangkit dan berkembang sesuai dengan tujuan didirikannya CU Muare Pesisir yaitu membantu kesulitan masyarakat terutama masyarakat petani dan nelayan dalam memperoleh modal dan menolong masyarakat terbebas dari beban kemiskinan. Dalam usianya sampai sekarang, keberadaan CU Muare Pesisir dirasakan sudah sangat membantu masyarakat yang telah menjadi anggotanya terutama dalam hal pelayanan keuangan, kini CU Muare Peisisir sudah dapat melayani anggota di beberapa Kantor Pelayanan yaitu KP. Muare Kakap, KP. Pontianak, KP. Teluk Pakedai, KP. Sungai Raya, KP. Punggur, KP. Siantan serta beberapa Kantor Unit yaitu Unit Sui Rengas, Unit Sepuk Laut, Unit Kota Baru, Unit Padang Tikar, Unit Kapur Salibu, Unit Kuale Karang dan Unit Jungkat. Semoga keberadaan CU Muare Pesisir selalu dapat diterima masyarakat dalam hal pelayanan keuangan dan pengentasan kemiskinan.