SOLUSI CERDAS TERPERCAYA Jadilah cahaya. Jadilah binar dalam gelap. Jadilah inspirasi yang membuat perbedaan besar Mari ringankan beban saudara kita korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, khususnya keluarga besar CU Mosinggani. Salurkan donasi Anda melalui ke Bank Mandiri Nomor Rek.146-00-0099787-9 atas nama Puskopdit BKCU Kalimantan

Credit Union Femung Pebaya

Credit Union Wilayah Kalimantan Utara

Selamat Datang Di Credit Union Femung Pebaya


Kami merupakan CU yang memberikan pelayanan di wilayah Kalimantan Utara sejak 2003
dan saat ini telah memiliki 5 tempat pelayanan/kantor pelayanan

Informasi Umum

No. Badan Hukum: 109/BH/PAD/Perindagkop&UMKM/VI/2015
Tanggal Berdiri: 14 September 2002
Tanggal Bergabung: 28 Februari 2003
Jumlah Tempat Pelayanan / Kantor Pelayanan: 5

No. Handphone: 085249351144
Email: [email protected]
Website: www.cufemungpebaya.com

Kode Pos: 77554
Alamat:
Jalan Raja Pandita, RT.05 Desa Pelita Kanaan, Kecamatan Malinau Kota - Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara

Deskripsi Credit Union Femung Pebaya

Deskripsi umum mengenai Credit Union Femung Pebaya

No. Badan Hukum : 109/BH/PAD/Perindagkop&UMKM/VI/2015 sesuai Akta Perubahan

No. Telepon : 0553 - 2023544

No. Handphone : 085249351144

MISI : Meningkatkan Kesejahteraan Sosial Ekonomi Anggota Melalui Pemberdayaan, Pendidikan Berkelanjutan dan Pelayanan Keuangan yang Profesional.

VISI : Menjadi Credit Union Yang Sehat, Kokoh dan Terpercaya di Kalimantan Utara

Nilai-Nilai Inti CU Femung Pebaya : SABAR, MELAYANI, ANTUSIAS, RAMAH & TERAMPIL (#SMART) dalam avirmasi: senantiasa SABAR MELAYANI, selalu ANTUSIAS dalam segala situasi, dengan tetap RAMAH dan TERAMPIL memberikan pelayanan.

Slogan : "BERSAMA KITA MAJU"


Profile Singkat CU Femung Pebaya :

Kalimantan Utara (adalah pemekaran dari Propinsi Kalimantan Timur) dimana pengembangan Credit Union yang dirintis oleh FoMMA dan WWF TNKM pertama kalinya didirikan di Kabupaten Malinau, dengan nama yang disepakati Credit Union Femung Pebaya. Awal pertumbuhannya sangat kecil, dengan beranggotakan kurang lebih 30 orang, namun akhirnya berkembang dan mengalami pertumbuhan yang pesat dari segi asset maupun anggota dan mulai bersaing dengan lembaga keuangan yang lain. 

Awal mula gagasan pendirian Credit Union sejak pertengahan Tahun 2002, saat itu Ketua FoMMA ( Forum Musyawara Masyarakat Adat) Taman Nasional Kayan Mentarang  Pdt. Martin Labo melakukan inisiatif menghubungi Sekretariat Federasi SEGERAK (Serikat Gerakan Pemberdayaan Masyarakat Dayak) di Pontianak dengan Bapak Stepanus Djuweng untuk membantu memfasilitasi pendirian Credit Union di Wilayah Tanam Nasional Kayan Mentarang.

Dipilihnya Federasi SegeraK karena lembaga ini dinilai konsisten melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat Dayak di Kalimantan Barat melalui Gerakan Credit Union. Maka pada tanggal 10-14 September 2002 dengan kerja sama antara FoMMA dan WWF TNKM, dilakukan Workshop Strategic Planning dan Businnes Plan di Gedung Baya Intamu Malinau Kota, yang difasilitasi oleh Drs. A. R. Mecer (Ketua Federasi SegeraK & Ketua BK3D Kalbar - saat ini BKCU Kalimantan), Drs. Stepanus Djuweng (Sekretaris SegeraK) dan Drs. Munaldus, M.A. (Aktivis PEK Pancur Kasih & Wakil Ketua BK3D Kalbar). Dan pada tanggal, 14 September 2002, para peserta lokakarya yang merupakan perwakilan 10 wilayah adat di TN-Kayan Mentarang, menyepakati pendirian CU di wilayah Taman Nasional Kayan Mentarang yang diberi nama Credit Union Femung Pebaya.

Sebagai bentuk keseriusan SegeraK untuk mengaktifkan gerakan Credit Union Femung Pebaya maka SegeraK memberi pendamping selama 1(satu) tahun dengan mengirim Heronimus Ungking, S.E. untuk memfasilitasi peningkatan kapasitas Pengurus, Pengawas dan Pelaksana Harian dalam pengelolaan CUFP. Awal mula, honor pelaksanan harian full time CUFP dan akomodasi Pendamping CUFP selama di Malinau (satu tahun empat bulan) di tanggung penuh oleh FoMMA dan SegeraK.

Tantangan pemberdayaan lebih lanjut diera globalisasi informasi saat ini menuntut Credit Union Femung Pebaya berkreasi dan bersinerji untuk mengangkat isu pemberdayaan ditengah kelompok masyarakat yang masih termarjinalisasi, terbelakang dan tertinggal dari segi kehidupan sosial ekonomi. Jumlah aset dan jumlah anggota bukan ukuran keberhasilan, akan tetapi seberapa besar kwualitas aset produktif mampu menjadi penggerak ekonomi anggota-anggotanya menjadi ukuran kinerja pemberdayaan tersebut. Semoga CU Femung Pebaya menjadi Credit Union yang Sehat, Kokoh dan Terpercaya.