Pengumuman:
#YukDirumahSaja, mari kita waspada Covid-19 dengan menjaga kebersihan dan melakukan social distancing.
Solusi Cerdas Terpercaya

Berita Teknologi

Webinar : pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan secara tertulis dan media elektronik

Webinar : pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan secara tertulis dan media elektronik

Rapat Anggota merupakan  pemegang kekuasaan tertinggi dalam pengambilan keputusan di Koperasi Credit Union (CU), sebagai pelaksanaan prinsip demokrasi, transparansi dan akuntabilitas dalam tata kelola koperasi. Salah satu jenis dari rapat anggota adalah Rapat Anggota Tahunan (RAT). RAT sebagai forum pertanggungjawaban pengurus dan pengawas kepada anggota Koperasi CU. 

RAT merupakan kewajiban bagi Koperasi CU untuk melaksanakannya, paling lambat 6 bulan setelah tutup buku sesuai ketentuan perundang-undangan dan khusus dalam jaringan Puskopdit BKCU Kalimantan, telah menjadi kesepakatan bersama RAT untuk Koperasi CU primer paling lambat bulan Maret. 

Pandemi COVID-19 menyebabkan dampak dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Sejak merebak Maret 2020 di Indonesia, sampai hari ini pandemi belum berakhir sehingga perlu upaya pencegahan penularan COVID-19 oleh berbagai pihak, tak terkecuali Gerakan Koperasi CU. Salah satu upaya Koperasi CU adalah membatasi jumlah peserta pada pertemuan tatap muka dan atau melakukan kegiatan secara virtual. 

Puskopdit BKCU Kalimantan dalam upaya memastikan tetap terlaksananya kegiatan RAT di Koperasi CU, mengadakan webinar tata cara pelaksanaan RAT secara tertulis dan menggunakan media elektronik tanggal 12 Januari 2021 yang difasilitasi oleh Drs. Resmiguno dan Gusti Akhmadiyah, SH, MH, kedua narasumber dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Barat dengan jabatan masing-masing sebagai Kepala Bidang Perizinan dan Kelembagaan dan Kepala Bidang Pengawasan dan Pemeriksaan.

Webinar diikuti oleh 192 orang peserta yang berasal dari 33 Koperasi CU anggota Puskopdit BKCU Kalimantan serta pengurus dan manajemen Puskopdit BKCU Kalimantan. Narasumber membahas dengan tuntas dasar hukum pelaksanaan rapat anggota, yaitu Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, Peraturan Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia Nomor :19/Per/M.KUKM/IX/2015 tentang Penyelenggaraan Rapat Anggota Koperasi, Anggaran Dasar (AD), Anggaran Rumah Tangga (ART), dan peraturan khusus (di Koperai CU biasa disebut manual operasional). 
Pelaksanaan rapat anggota dapat dilaksanakan secara kelompok, tertulis, dan media elektronik. Tata cara ini sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, sehingga rapat anggota yang dilakukan secara daring (online) tetap sah walaupun belum diatur dalam AD dan ART ataupun peraturan khusus di CU, demikian ditegaskan oleh Pak Resmiguno. 

Pak Resmiguno mengingatkan apabila AD/ART/peraturan khusus di CU belum mengatur tentang tata cara rapat anggota secara online, maka pengurus perlu membuat surat keputusan pengurus tentang rapat anggota secara online

Bagi Koperasi CU yang dalam AD dan  ART belum mengatur pelaksanaan RAT secara kelompok, tertulis dan media elektronik, maka perlu dilakukan perubahan AD dan ART agar ketentuan ini dimasukan dalam AD dan ART CU, pesan Pak Gusti.

Mengutip dari materi yang disampaikan oleh narasumber, berikut ini ringkasan RAT secara online.

Pemaparan dari kedua narasumber terkait dasar hukum dan tata cara pelaksanaan rapat anggota diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada Pengurus Koperasi CU sehingga Pengurus  semakin yakin untuk melaksanakan RAT secara tertulis atau online apabila kondisi belum memungkinkan untuk tatap muka. Sebagaimana yang ditegaskan oleh Ketua Pengurus Puskopdit BKCU Kalimantan, Edi V. Petebang bahwa metode untuk pelaksanaan RAT diserahkan kepada Pengurus CU untuk memilihnya sesuai dengan kondisi di wilayah masing-masing. Metode RAT secara tertulis atau online sebenarnya bukan hal baru di jaringan Puskopdit BKCU Kalimantan karena dalam RAT TB 2019 sudah pernah dilakukan oleh beberapa CU, termasuk Puskopdit BKCU Kalimantan, tegas Edi V. Petebang. 

Edi V. Petebang menyampaikan bahwa Pengurus Puskopdit BKCU Kalimantan hanya menghadiri secara tatap muka RAT di Koperasi CU yang melakukan pergantian pengurus dan pengawas, itupun jika kondisi memungkinkan, sedangkan lainnya akan dihadiri secara online dan atau sambutan akan direkam terlebih dahulu.

Selamat mempersiapkan dan melaksanakan Rapat Anggota Tahunan. Semoga kegiatan RAT dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

 

Salam Solusi Cerdas Terpercaya,

Erowin 

Share this Post:
Ditulis oleh Erowin
General Manager Puskopdit BKCU Kalimantan

Artikel Terkait: