Pengumuman:
#YukDirumahSaja, mari kita waspada Covid-19 dengan menjaga kebersihan dan melakukan social distancing.
Solusi Cerdas Terpercaya

Berita Teknologi

SIKOPDIT Siap Online

SIKOPDIT Siap Online

Oleh : David Kukuh


Dengan tema "Membangun Sistem Informasi Berbasis Online" Sikopdit telah dinyatakan siap untuk diimplementasikan secara online. Dalam pengembangan aplikasi Sistem Informasi Akuntansi Keuangan Koperasi Kredit, Credit Union terus mengembangkan Aplikasi yang di namakan Sikopdit hingga versi mutakhir yaitu versi Sikopdit Online. Hal itu dibuktikan dengan kegiatan yang diadakan di Wisma Inkopdit pada tanggal 19 s.d. 24 Oktober 2014. Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh Induk Koperasi Kredit (Inkopdit) sebagai central gerakan Credit Union di Indonesia.

Sejarah/Fase Aplikasi Sikopdit:

  • Sikopdit Integrated (hanya digunakan untuk pembuatan laporan General Ledger)
  • Sikopdit MD/Modul (dilengkapi dengan beberapa modul antara lain GL, SP, SBH, SSB, PLL
  • Sikopdit Modul Versi 2 ( tambahan SKA yang dipergunakan untuk mengakomodir pemisahan Simpanan Sukarela yang sebelumya tergabung dalam simpanan Saham oleh Gerakan BKCU Kalimantan pada saat itu diperlukan modul SKA serta Sikopdit Solidaritas)
  • Sikopdit CS (Client Server)
  • Sikopdit Online

Materi Pelatihan:

  1. Persiapan Device/Perangkat yang digunakan
    1. Design Data Centre (Server)
    2. Pengantar konfigurasi Firewall pada Cisco dan Microtik
    3. Praktek Konfigurasi Firewall pada Mikrotik
    4. Komputer Desktop/PC atau Laptop untuk Client dengan system operasi XP/7/8
    5. Pengenalan Sikopdit On-line Server serta cara konfigurasi pada komputer server menggunakan jalur internet.
  2. Instalasi Program Sikopdit On-Line pada komputer client
  3. Backup dan Restore Database

Besarnya rasa keingintahuan peserta mengesankan bahwa kurangnya waktu lima hari untuk kegiatan tersebut. Hingga waktu istirahatpun sering kali terabaikan walau pun itu sama sekali tidak menjadi keresahan dari peserta.  Bahkan peserta begitu antusias menanggapi untuk diadakan sesi malam.

Memang tak luput dari kekurangan, demikian disampaikan oleh Bernardus Situngkir selaku satu diantara fasilitator yang menyampaikan materi dalam pelatihan 5 hari itu. Namun Sikopdit telah digunakan oleh beberapa CU dalam pelayanan yang terintegrasi dan data yang tersentralisasi. Dan itu telah membuktikan kenyamanan transaksi oleh anggota karen bisa di Tempat Pelayanan (TP) mana saja"Fokus untuk pengembangan IT Credit Union", disampaikan Bapak Puspo Cahyono merupakan satu diantara Program utamanya sebagai target awal saat menjadi General Manager (GM) INKOPDIT.

Pesan Pak Romanus Woga

"Tidak Perlu peluru berdesing di atas kepala,jangan gentar, maju".

Ketua INKOPDIT dan juga Vice President ACCU tersebut berharap bahwa peserta tersebut lah yang dapat mewujudkan rencana strategis INKOPDIT. Besar harapan ketua CUCO Indonesia yang kerap disapa Pak Romi tersebut melihat bahwa yang hadir adalah para pemuda tidak seperti tahun 70an yang hadir rambutnya pada putih. "Kalau bukan kepada para pemuda siapa lagi, pemuda harapan bangsa" ucapnya.

Trima kasih kepada Fasilitator (Pak Bernard, Pak Timoty, Pak Faisal, Pak Boni, Pak Fiter, dan Pak Joko) serta kepada panitia diungkapkanoleh perwakilan peserta pada sesi terakhir kegiatan pelatihan Sikopdit Online untuk menyampaikan kesan dan pesan selama Pelatihan Sikopdit Online.

Share this Post:

Artikel Terkait: