Pengumuman:
#YukDirumahSaja, mari kita waspada Covid-19 dengan menjaga kebersihan dan melakukan social distancing.
SELAMAT HARI KEBANGKITAN NASIONAL

Rapat Anggota CU Stella Maris

SAMBUTAN PENGURUS BKCU DI RAT CU STELLA MARIS TB 2019

SAMBUTAN PENGURUS BKCU DI RAT CU STELLA MARIS TB 2019

Adil Ka’ Talino, Bacuramin Ka’ Saruga, Basengat Ka’ Jubata

 

Yang terhormat :

Kepala Dinas Koperasi & UKM Provinsi Kalimantan Barat, Kepala Dinas Koperasi & UKM Kota Ptk, Pastor Paroki Stella Maris, Ketua BKCU Kalimantan, Ketua Pengurus Bp Herkulanus Cale beserta jajarannya, Ketua Pengawas Ibu Emiliana TB beserta jajarannya, Penasihat CUSM, Ketua DPP Paroki Stella Maris, Panitia RAT TB 2019, Panitia Pemilihan Pengurus/Pengawas, Manajer CUSM, Pimpinan Lembaga Mitra, Bank, Asuransi, Perwakilan CU, Bapak/Ibu Para Anggota dan pemilik CUSM peserta RAT TB 2019, dan semua saja yang tidak dapat disebutkan satu demi satu yang sama saya hormati.

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua, syalom!

Om Swastiastu, Namo Budaya.

Salam kebajikan.

Selamat Pagi, .....

 

Orang CU....”MANTAP BOS!” (Mandiri, Tekun, Amanah, Peduli, Bersyukur, Optimis, Sabar)

 

Mengawali sambutan ini, saya mengajak kita bersama-sama memanjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang selalu melimpah berkat-Nya kepada kita sehingga kita boleh bertemu dan mengikuti Rapat Anggota Tahunan CUSM Tahun Buku 2019. 

Pertama saya menyampaikan 3 ucapan selamat!

Selamat merayakan pesta perak, 25 tahun CUSM berkarya di tengah umat dan masyarakat; pasti sudah banyak sekali aktivitas yang kita lakukan bersama dalam rangka mewujudkan misi CU; meningkatkan kualitas hidup anggota. 2) Bagi yg anggota beragama Katolik, saya mengucapkan selamat memasuki retret agung masa prapaskah, masa puasa. Semoga kita dapat menghayati tema APP Nasional 2020: Bertobat, Terlibat dan Berbuah Berkat.  3) Pengurus Puskopdit BKCU Kalimantan mengucapkan selamat atas terselenggaranya RAT secara tepat waktu. Dlm jejaring BKCU sudah 32 CU yg telah melaksanakan RAT, hari ini hanya CUSM yg RAT. Melalui RAT TB 2019 ini kita dapat menilai kinerja bersama kita di TB 2019, yg secara lengkap termuat dalam LPJ Pengurus dan LHP Pengawas. Apa pun disampaikan atau dilaporkan, itulah keadaan kita di tahun buku 2019, wujud sinergisitas kita semua; baik pengurus, pengawas, penasihat, komite, pokti, seluruh manajemen, dan bahkan semua anggota. 

BKCU juga menyampaikan apresiasi kepada CUSM yang tetap setia menjadi anggota Puskopdit BKCU Kalimantan, puskopdit terbesar, ranking I dari 36 puskopdit se-Indonesia berdasarkan jumlah anggota (478.933 orang, bertambah 20.829 org dibanding TB 2018) dan aset (Rp6,76 triliun). Salah satu anggotanya, yaitu CUSS meraih ACCESS Branding predikat Gold (Emas) dari CU Asia. BKCU Kalimantan juga menjadi koperasi sekunder pertama yg meraih sertifikat ISO 9001:2015 di Indonesia. 

 

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kalbar dan Bapak/Ibu Pemilik CUSM yang berbahagia,

 

Di mana posisi CUSM di antara 44 CU anggota BKCU pada tahun buku 2019? 

Berdasarkan jumlah anggota peringkat ke-15 (10.458 orang) dan berdasarkan jumlah aset juga peringkat ke-15 (Rp137,9M). Indikator PEARLS yang sudah ideal =    dari 13. Rasio piutang beredar (E1)=70,56%; Rp97,3M, piutang bersih Rp88,4M (64,09%). Rasio KL =9,16%, level =3 Kurang Baik, total KL Rp8,9M; kurang dari atau sama dengan 12bln : Rp2,4M, >12bl : Rp6,5M . (1: KL kurang dari atau sama dengan 2% SB, 2: 2%<KL kurang dari atau sama dengan 5% Baik, 3: 5%<KLkurang dari atau sama dengan 10% Kurang Baik, 4: 10%<KL kurang dari atau sama dengan 15% Buruk, 5. 15%<KL kurang dari atau sama dengan 20% Sangat Buruk, 6. 20%<KL kurang dari atau sama dengan 25% Sangat Buruk Sekali, 7. KL>25% Kronis). Untuk kinerja yang masih kurang ini, mari kita perbaiki bersama di TB 2020. 

 

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kalbar dan Bp/Ibu Pemilik CUSM yang berbahagia,

 

CU adalah kumpulan orang-orang yang saling percaya. Jika SALING PERCAYA digabung dengan KOMITMEN maka kita akan menjadi Anggota CU yg SUKSES. Bagaimana menjadi “Orang CU” yang SUKSES? 1) Menabung secara teratur minimal 1 bulan sekali, 2) Meminjam sesuai kebutuhan dan kemampuan mengembalikannya, 3) Mengangsur pinjaman secara TWTJ, 4) Mengikuti pendidikan tentang CU, 5) Membawa orang lain menjadi anggota CU, 6) Berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan pengembangan CU agar CU SATB.

Karena itu tujuan CU menghimpun masyarakat agar menjadi menjadi anggota CU sejatinya adalah membimbing kita menjadi ORANG BAIK, hidup sebagai sahabat bagi semua orang. Seorang sahabat tidak merugikan dan menyusahkan sahabatnya. Sahabat tidak memanas-manasi, tidak mengadu domba, tidak menjadi perusak bagi satu sama lainnya. Kita akan gagal dan tidak bisa menjadi sahabat bagi semua orang jika kita masih suka mengembangkan sikap iri hati, sombong, dan kepala batu. Ber-CU tidak sungguh-sungguh; menabung jika ada uang lebih, mengangsur tidak TWTJ, bahkan menunggak angsuran, atau sama sekali tidak membayar pinjaman merupakan contoh sikap iri hati, sombong, dan kepala batu. Ber-CU harus dilengkapi dengan KOMITMEN kita merubah diri, menjadi manusia baru, berintergritas, dan setia. Komitmen adalah perjanjian (keterikatan) untuk melakukan sesuatu. Kita ber-CU dengan perbuatan nyata. Sebagai anggota CU, kita harus berkomitmen melaksanakan apa saja yang telah diatur untuk kebaikan bersama. Ketika kita menjalani CU dengan komitmen, maka CU akan menjadi jembatan bagi anggota untuk menuju kualitas hidupnya. Ada 5 jembatan dalam hidup ini, 1) jembatan terpendek yaitu putus asa, 2) jembatan terpanjang yaitu pengharapan, 3) jembatan terkuat yaitu iman, 4) jembatan termahal yaitu pengorbanan, 5) jembatan terindah yaitu kasih. Mari selalu mengendalikan diri agar tidak terjebak pada jembatan terpendek. Orang CU....MANTAP BOS. Mandiri, Tekun, Amanah, Peduli, Bersyukur, Optimis, dan Sabar.  Mari menjadi orang baik! Jangan jadi seperti gunting, walaupun bergerak lurus tapi ia memisahkan! Jadilah seperti jarum dan benang, walaupun jalannya bengkok dan menyakitkan tetapi ia menyatukan!

 

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kalbar dan Bp/Ibu Pemilik CUSM yang berbahagia,

 

Tantangan tata kelola CU saat ini dan masa menjelang memang akan semakin berat. Pengurus harus tanggap membaca situasi pasar dan kebutuhan para anggota yg hidup di zaman now. Bagaimana CU mampu memanfaatkan ICT dalam pelayanan yg optimal dan menarik bagi kaum milenial? Bagaimana mewujudkan digitalisasi CU? Untuk itu BKCU sudah menyiapkan aplikasi escete bekerjasama dengan PT. ARO Jakarta. Dengan aplikasi escete ini, CU ada dalam genggaman anggota (HP Android) sehingga anggota dapat memaksimalkan fungsi selama 7x24 jam (online banking) dan dimana saja. Anggota terhubung dengan CU dan dunia sekitarnya seperti pembayaran biller (pulsa, token listrik, fix line, TV kabel, paket data, MNC Vision, OVO, Gopay), transfer dari dan ke bank, cash in/out pada alfamart, link aja, BPJS, akses pada ekosistem lainnya (fintech, e-commerce) dan layanan instant loan (pinjaman online) bagi anggota, dll. Biaya pengembangan aplikasi ditanggung oleh BKCU, termasuk biaya pemasangan awal Rp20jt. CU hanya membayar biaya administrasi bulanan berdasarkan jumlah pengguna aplikasi. (biaya bulanan <1.000:Rp150.000, 1.001-3.000:Rp3jt, 3.001-5.000:4,5jt, >5rb:Rp6jt), biaya transaksi dikenakan kepada pengguna (anggota). Saya lihat CUSM sudah mulai menggunakan aplikasi escete fase 1, semoga semakin menjadi perhatian untuk terus meningkatkannya ke fase 2 sampai penggunakan core escete. 

 

Bp/Ibu Pemilik CUSM yang berbahagia, 

Salah satu agenda RAT TB 2019 hari ini adalah pemilihan pengurus dan pengawas baru. Pergantian pengurus dan pengawas di CU adalah hal yang lazim, normal dan mesti terjadi demi keberlanjutan CU. Saya berharap mekanismenya dapat berjalan sesuai AD/ART. Mari kita dukung siapa pun yg nanti akan terpilih. Kepada personil pengurus dan pengawas yang purnabakti diucapkan limpah terima kasih atas pengabdian dan pengorbanan yg ikhlas dalam memajukan CUSM. Bagi calon pengurus dan pengawas yg belum terpilih jangan berkecil hati, tetaplah menjadi orang baik yg setia dan berkomitmen. 

 

Akhirnya saya ucapkan selamat RAT. Semoga berbagai pembicaraan dan diskusi terjadi secara demokratis dan kepala dingin. BKCU Kalimantan berharap program dan rencana kerja TB 2020 dapat dilaksanakan dengan tuntas dan membawa CUSM kepada kebaikan dan keberlanjutan.

 

Kepala tegak menyimak bicara, terlihat biru pinggir telaga.

Kepada Tuhan kita berdoa, semoga CU Stella Maris semakin jaya.

Daun durian daun peringgi, dimasak bersama jadi sayuran.

Sambutan saya sampai disini, banyak salah mohon dimaafkan.

 

Buah rambutan bunga selasih, cukup sekian terima kasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua, syalom!

Om Swastiastu, Namo Budaya. Salam Kebajikan.

 

Adil Ka’ Talino, Bacuramin Ka’ Saruga, Basengat Ka’ Jubata

 

Pontianak, 1 Maret 2020

 

Marselus Sunardi

Bendahara Pengurus Puskopdit BKCU Kalimantan

Share this Post:
Ditulis oleh admin1
Admin ini untuk org BKCU agar bisa menulis artikel

Artikel Terkait: