Pengumuman:
Rangkaian Rapat Anggota Tahunan XXX Puskopdit BKCU Kalimantan Tahun Buku 2018 akan diselenggarakan di Semarang pada tanggal 30 April s.d 4 Mei 2019

Berita Credit Union

Puskopdit BKCU Kalimantan Fasilitasi Peta Jalan CU SKS, Balikpapan

Puskopdit BKCU Kalimantan Fasilitasi Peta Jalan CU SKS, Balikpapan

Di sudut ruangan lantai atas aula Paroki Petrus dan Paulus, Dahor, Balikpapan, Kalimantan Timur selalu ramai. Siapa sangka di ruangan kecil ini diorganisir 886 orang anggota Credit Union Sumber Kasih Sejahtera (CU SKS). CU yang didirikan oleh para Pastor Paroki Dahor dan para pengurus Dewan Paroki ini sampai akhir tahun 2018 mengelola aset anggota Rp9 miliar

CU yang didirikan tahun 2013 ini anggotanya hampir 99 persen umat Katolik di Balikpapan dan sekitarnya. Menurut Pastor  Ignatius Priyantoro, OMI., Pastor Paroki Dahor, CU SKS didirikan sebagai bentuk nyata karya gereja untuk perbaikan kehidupan sosial ekonomi umat. “Meskipun pendapatan umat disini lumayan, namun entah kenapa, sebelum ada CU SKS ini sering sekali umat datang ke pastoran untuk meminta dan atau meminjam uang. Makanya didirikan CU ini,”jelas Pastor yang akrab disapa Romo Toro ini. Pastor Toro adalah penasihat CU SKS.

Sudah lama para pengurus CU SKS ingin agar CU ini lebih berkembang dan melayani lebih banyak umat. “Kami mempunyai keterbatasan dalam bermacam keterampilan pengelolaan credit union. Karena itulah kami ingin menjadi anggota Puskopdit BKCU Kalimantan,”jelas Singgih, Ketua Pengurus CU SKS. Sebagai bukti keseriusannya, sudah dua kali CU SKS mengirim surat permohonan menjadi anggota dan sudah dua kali pula mengikuti RAT Puskopdit BKCU Kalimantan sebagai peninjau.

 

Tahun Buku 2019, pengurus Puskopdit BKCU Kalimantan memutuskan untuk menindaklanjuti permohonan CU SKS. Salah satunya adalah syarat bahwa CU yang akan bergabung ke Puskopdit BKCU Kalimantan harus dilakukan strategic planning dan business plan (SPBP) oleh Puskopdit BKCU Kalimantan.

Lokakarya SPBP dilaksanakan tanggal 28 Maret sampai 1 April 2019 bertempat di Hotel HER, Balikpapan dilanjutkan di kantor CU SKS. SPBP difasilitasi Erowin, General Manajer dan Edi V.Petebang, Ketua Pengurus. Hasil SP inilah yang menjadi peta jalan CU SKS tahun 2019-2021. SP merumuskan misi, visi, nilai-nilai inti, tujuan strategis serta strategi mencapainya. 

Misi CU SKS adalah “Meningkatkan Kesejahteraan Anggota Melalui Pendidikan Dan Pemberdayaan Berbasis Komunitas Untuk Kemandirian”.

VISI CU SKS adalah “Menjadi Lembaga Pemberdayaan Berbasis Komunitas Di Wilayah Balikpapan dan Penajam Paser Utara”.

Nilai-nilai inti (shared, core values) yang merupakan budaya organisasi CU Sumber Kasih Sejahtera, yang menjadi daya perekat sekaligus pedoman atau cara berpikir, bersikap, serta berperilaku dalam rangka mencapai arah strategis. Nilai-nilai intinya adalah Integritas, Disiplin, Inovatif, Kebersamaan, Pemberdayaan dan Ramah lingkungan.

Agar semakin terinternalisasi atau terhayati secara mendalam di dalam sanubari setiap insan CU Sumber Kasih Sejahtera, keenam nilai inti tersebut dirumuskan menjadi “Pemberdayaan Komunitas Melalui Kebersamaan Dengan Cara Inovatif, Berintegritas, Disiplin Dan Ramah Lingkungan”.

Slogan Cu Sks Adalah “Hidup, Sejahtera, Bermartabat”.

Tujuan strategis CU Sumber Kasih Sejahtera 2019 – 2021 sebagai berikut. Tujuan Strategis Perspektif Keuangan adalah “Mendorong anggota untuk meningkatkan aset dan memberikan pendidikan pemanfaatan kredit dengan baik sehingga tercipta struktur keuangan yang efektif dengan didukung sistem pengendalian internal”.

Tujuan Strategis Perspektif Anggota adalah “meningkatkan kepuasan dan loyalitas anggota melalui penciptaan produk-produk berkualitas berbasis kebutuhan anggota serta meningkatkan produktifitas anggota melalui pemberdayaan dan Pendidikan berbasis komunitas”.

Tujuan Strategis Perspektif Bisnis Internal adalah “meningkatkan daya saing CU Sumber Kasih Sejahtera melalui peningkatan kompetensi dari pengurus, pengawas, dan manajemen dan memperbaiki system administrasi/monitoring (komputerize), membuat MO, SP-BP, OD dan memanfaatkan tekhnologi (pembuatan website) yang sesuai dengan kebutuhan sehingga akan tercapai efisiensi dan loyalitas anggota, pengurus, pengawas, Pokti, dan manajemen  CU Sumber Kasih Sejahtera sesuai dengan AD/ART, misi dan visi CU Sumber Kasih Sejahtera.

Tujuan Strategis Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran adalah “meningkatkan kualitas dan komitmen pengurus, pengawas, Pokti, dan manajemen melalui evaluasi kinerja yang berkala berdasarkan MO dan MP serta mengembangkan inovasi baru sebagai usaha meningkatkan kualitas pelayanan CU Sumber Kasih Sejahtera bagi anggotanya”.

 

Untuk mencapai tujuan strategis tersebut telah disusun sejumlah program/aktivitas yang akan dijalankan CU SKS. “Terima kasih kepada Puskopdit BKCU Kalimantan yang telah memfasilitasi SPBP ini. Besar harapan kami, CU SKS bisa diterima bergabung ke Puskopdit BKCU Kalimantan,”harap Singgih dalam sambutannya.

Semoga CU SKS semakin berkembang dan sehat dengan adanya peta jalan tersebut. “Jika seluruh persyaratan sebagai calon anggota sudah dipenuhi, maka tentu Puskopdit BKCU Kalimantan dengan tangan terbuka menyambut CU SKS,”jelas Edi V.Petebang.***   

Share this Post:
Ditulis oleh Edi V. Petebang

Artikel Terkait: