Pengumuman:
#YukDirumahSaja, mari kita waspada Covid-19 dengan menjaga kebersihan dan melakukan social distancing.
SELAMAT HARI KEBANGKITAN NASIONAL
Selamat dan sukses kepada CU Tilung Jaya dan CU Jembatan Kasih yang sudah Go Live core ESCETE pada tanggal 3 Agustus 2020.

Rapat Anggota CU Stella Maris

PENGURUS DAN PENGAWAS TERPILIH PADA RAT TB 2019 CU STELLA MARIS

PENGURUS DAN PENGAWAS TERPILIH PADA RAT TB 2019 CU STELLA MARIS

Minggu 1 Maret 2020 merupakan hari bersejarah di trimester pertama tahun 2020 dalam pelaksanaan operasional KSP CU Stella Maris. Pelaksanaan RAT yang merupakan pertanggungjawaban atas tugas terakhir pengurus pengawas di tahun 2019. Rapat anggota kali ini merupakan rangkaian acara yang mengukir sejarah dimana partisipatif anggota yang luar biasa untuk hadir melebihi target yang direncanakan. Anggota begitu antusias untuk mengikuti RAT TB 2019.

penyambutan tamu undangan RAT CU Stella Maris

Diawali dengan perarakan bendera Merah Putih, Koperasi, CUCO (Inkopdit), Puskopdit BKCU Kalimantan Skd, dan bendera KSP CU Stella Maris. Berikutnya sambutan dari ketua Panitia (Hermanus Abeh), Ketua CU Stella Maris (Herkulanus Cale), Sambutan Penasihat CU Stella Maris (Alfonssus, S.Ag.), Pengurus Puskopdit BKCU Kalimantan (Marselus Sunardi) dan Perwakilan Dinas Koperasi Provinsi Kalimantan Barat (Resmi Guno) yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan RAT TB 2019.

https://youtu.be/6k6P1AW6hgc    (mars CU Stella Maris yang di nyanyikan paduan suara)

Adapun agenda dalam RAT yaitu pembahasan dan pengesahan laporan pertanggungjawaban pengurus dan laporan hasil pengawasan pengawas TB 2019, pengesahan program kerja TB 2020 yang dibahas pada hari sebelumnya (29 Februari 2020), serta pemilihan pengurus dan pengawas periode tahun buku 2020 s.d. 2022. Selain pembahasan program kerja, satu harii sebelumnya juga cu stella maris menyelenggarakan seminar pemberdayaan yang difasilitasi oleh bapak Agustinus Alibata, S.Pd., M.Si.

 LPJ pengurus dan LHP pengawas

Di tengah suana panas, namun tidak menyurutkan semangat anggota untuk terus aktip dalam proses kegiatan tersebut. Pertanyaan dan usulan yang sangat antusias disampaikan oleh peserta, menjadi bekal bagi pelaksanaan operasional berikutnya. Berkali-kali ucapan terima kasih pun disampaikan oleh pengurus atas banyaknya masukan anggota. Tidak semua acungan tangan bisa mendapatkan kesempatan berbicara langsung di forum resmi tersebut, sehingga pimpinan rapat menyarankan untuk menyampaikannya secara tertulis kepada pengurus. Karena pengawasan sebuah credit union juga bagian dari kewajiban anggota. Masukan dan keterlibatan anggota menjadi farktor yang sangat penting dalam perubahan perbaikan untuk menjadi credit union yang berkelanjutan. Hingga berakhirnya proses pembahasan LPJ Pengurus dan LHP Pengawas semua berjalan lancar dan tertib. Pembahasan tersebut di akhiri dengan pengesahan  LPJ Pengurus dan LHP Pengawas dalam Keputusan yang ditandatangani oleh pimpinan dan sekretaris rapat.

Tarian dari satu diantara komunitas kelompok binaan

 

Demisioner Pengurs dan pengawas periode tahun buku 2017 s.d. 2019

Setelah semua proses pertanggungjawaban selesai, pengurus dan pengawas perode TB 2017 s.d. 2019 di demisioner. Pimpinan rapat mempersilahkan ketua pengurus dan pengawas menyampaikan ucapan terima kasih. Setelah ketua pengurus dan pengawas menyampaikan ucapan terima aksih atas semua kerjasama, bantuan, dan masukan suasana menjadi haru dan banyak diantara manajemen dan hingga peserta matanya terlihat berbinar bahkan meneteskan airmata haru atas semunya. Suasana ramai kemudian menjadi senyap sesaat hingga pengurus dan pengawas sampai pengurus dan pengawas turun dari panggung untuk kembali ke tempat yang telah disiapkan. Penyerahan cinderamata untuk pengurus dan pengawas demisioner sebagai simbol terima kasih atas pengabdian selama 3 tahun yang telah berlalu. Cinderamata diserahkan oleh pengurus Puskopdit BKCU Kalimantan Skd (Marselus Sunardi, S.Pd) dan didampingi penasihat CU Stella Maris sekaligus pastor paroki Stella Maris (pastor Kornelius Kuli Keban, MSC).

Pemilihan Pengurus dan Pengawas periode tahun buku 2020 s.d. 2022

Awal yang baru dari kepengurusan tiga tahun berikutnya, saat pimpinan rapat memanggil panitia seleksi untuk naik ke panggung. Saat inilah panitia seleksi (pansel) memfinalkan proses kerja yang telah berlangsung cukup lama. Diawalai dengan penyerahan palu rapat dari pimpinan rapat kepada ketua panitia seleksi. 

Penyerahan Palu Rapat dari Pimpinan Rapat kepada Ketua Panitia Seleksi

Setelah menerima palu, ketua pansel (H. Cale) mengetuk palu satu kali sebagai tanda palu keputusan sudah diterima. Selanjutnya ketua pansel menyampaikan pengantar bahwa akan segera dilaksanakan pemilihan pengurus dan pengawas periode tahun buku 2020 s.d. 2022. Ketua pansel juga menyampaikan bahwa pansel bekerja berdasarkan aturan pada manual operasional yang ada. Setelah selesai pengantar dilakukan perkenalan calon pengurus dan calon pengawas yang berikutnya disampaikan penjelasan tentang tata cara memilih pengurus dan pengawas periode tahun buku 2020 s.d. 2022.

Pemilihan pengurus dan pengawas KSP CU Stella Maris menggunakan sistem pemilihan langsung. Setiap anggota peserta RAT yang sudah memiliki hak pilih sesuai tata tertib yang telah disahkan berhak untuk memilih pengurus dan pengawas. Dari 6 orang calon pengurus akan dipilih sebanyak 5 orang pengurus dan dari 4 orang calon pengawas akan dipilih 3 orang pengawas. Setiap pemilih wajib memilih 5 orang calon pengurus dan 3 orang calon pengawas. Jika pilihan untuk pengurus kurang dari atau lebih dari 5 orang atau tidak sesuai dengan ketentuannya maka kertas suara dianggap tidak sah. Demikian juga untuk pengawas, pemilih hanya diperbolehkan memilih 3 orang, tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih.

Untuk pemilihan peserta akan di panggil secara acak oleh pansel, dan menukarkan kartu pemilihan dengan surat suara pemilihan yang berisi nama dan foto calon pengurus dan calon pengawas. Kertas suara antara pengurus dan pengawas di bedakan berdasarkan warnanya, pengurus berwarna putih dan pengawas berwarna kuning. 

Setelah semua peserta melakukan pemilihan, pansel mempersiapkan peralatan untuk perhitungannya. Perhitungan dilakukan secara manual, dan rekap perhitungannya akan di tulis di papan tulis yang telah disediakan. 

Dari hasil perhitungan suara tertinggi berjumlah 220 suara yaitu Drs. Hermanus Abeh dengan selisih dari peringkat ke-2 sebanyak 12 suara. Kemudian suara terbanyak kedua Edi V. Petebang, S.Sos., (208 suara), berikutnya dikuti Fransiskus Masri (205 suara), Magdalena Dalin (200 suara), DR. Ir. Kristianus Tok, M.Si. (194 suara), dan Sesilia (183 suara). Sebagai suara terbanyak maka Drs. Hermanus Abeh sebagai ketua KSP CU Stella Maris dan bersama pengurus lainnya dengan komposisi pengurus seperti dibawah ini.

Pengurus:

Ketua                    : Drs. Hermanus Abeh

Wakil Ketua I       : DR. Ir. Kristianus Tok, M.Si.

Wakil Ketua II      : Magdalena Dalin

Sekretaris            : Edi V. Petebang, S.Sos

Bendahara           : Fransiskus Masri

 

Dari haril perhitungan suara calon pengawas perolehan suara terbanyak yaitu pada calon nomor 2 atas nama Emelia Febriayanti, S.Pd., dengan total perolehan 229 suara. diikuti Antonius Amsin, S.Pd., dengan perolehan 205 suara, Ferdinan Ignatius Soelistiyo, S.H. dengan prolehan 178 suara, dan Marcelina Lin, S.H. sebanyak 169 suara. Berdasarkan keputusan bersama pengawas terpilih maka didapatlah komposisi pengawas sebagai berikut:

Pengawas:

Ketua                    : Antonius Amsin, S.Pd.

Sekretaris            : Emelia Febriyanti, S.Pd.

Anggota               : Ferdinan Ignatius Soelistiyo, S.H.

 

Setelah penentuan komposisi pengurus dan pengawas, maka di tandatangani SK penetapannya oleh pimpinan rapat dan sekretaris rapat. Kemudian diadakan penandatangan fakta integritas oleh masing-masing pengurus dan pengawas terpilih.

 

Pelantikan pengurus dan pengawas

Setelah penandatangan pakta integritas maka dilanjutkan dengan prosesi pelantikan pengurus dan pengawas. Pengurus dan pengawas akan mengambil sumpah/janji dengan didampingi oleh pastor Kornelius Kuli Keban, MSC sebagai rohaniawan pendamping dan selanjutnya memimpin doa dan memberikan berkat kepada pengurus dan pengawas yang baru. Pengurus dan pengawas terpilih dilantik oleh Marselus Sunardi, S.Pd yang adalah bendahara Puskopdit BKCU Kalimantan Skd. 

Setelah prosesi pelantikan, selanjutnya pimpinan rapat mengundang pengurus dan pengawas terpilih untuk ke panggung dan melanjutkan kegiatan RAT dan menutup kegiatan tersebut dengan penandatangan berita acara RAT TB 2019.

 

-------------------###----------------------

 

 

 

Share this Post:
Ditulis oleh David Kukuh
BKCU Kalimantan

Artikel Terkait: