Pengumuman:
#YukDirumahSaja, mari kita waspada Covid-19 dengan menjaga kebersihan dan melakukan social distancing.
SELAMAT HARI KEBANGKITAN NASIONAL

Berita Credit Union

Pembekalan Memulai dan Mengembangkan Usaha Produktif Anggota Credit Union

Pembekalan Memulai dan Mengembangkan Usaha Produktif Anggota Credit Union

Ya benar sudah menjadi trend tentang pemberdayaan usaha produktif.  Sekitar tiga bulan yang lalu kami berjumpa dengan seorang praktisi di bidang usaha produktif yang bernama Robertus Edy, pria kelahiran di daerah pedesaan Solo yang bermigrasi ke Batam dan pada usia senja beliau kembali ke desa kelahirannya, menikmati hidupnya sebagai ‘’wong deso’’. Beliau sudah makan asam garam kehidupan merantau ke pulau dewata Bali, pulau Kalimantan dan beberapa pulau di Nusantara pertiwi Indonesia.

Sharing hasil diskusi bersama beliau diawali dari pengertian bahwa sebuah lembaga publik yang bergerak untuk pelayanan di seluruh sektor kehidupan, terlebih lembaga pelayanan publik sektor ekonomi seperti halnya Credit Union tentu akan dipengaruhi oleh berbagai hal yang sering kita sebut sebagai “lingkungan” baik: sosial, ekonomi, budaya, hukum, kebijakan pemerintah terkait dengan hal tersebut dan juga perkembangan teknologi. Selain lingkungan eksternal tersebut ada pula internal. 

Lingkungan eksternal yang mempengaruhi kehidupan Credit Union, antara lain kebijakan Pemerintah khususnya di bidang perbankan yang menurunkan suku bunga bank, maka secara langsung atau tidak langsubg mempengaruhi kehidupan lembaga Credit Union, maka pengelola Credit Union perlu kreatif inovatif agar mampu hidup dan berkembang bahkan bisa bersaing dengan perbankan. 

Usaha produktif anggota Credit Union perlu dikembangkan agar mereka tidak berpaling kepada perbankan, Sudah seharusnya Credit Union bergerak cepat untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan anggota Credit Union tentang pembekalan dan pendampingan dalam mengembangkan usaha produktif, pembekalan dan pendampingan yang praktis, tepat guna dan berdaya guna. Dengan upaya ini diharapkan anggota Credit Union akan bertahan bahkan mempu melakukan usaha produktif dengan memulainya bahkan mengembangkan atau memantapkan usaha produktif yang sudah ada. 

Pembekalan usaha produktif bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan anggota Credit Union akan pembekalan dan pendampingan tentang pedoman praktis, tepat guna, berdaya guna tentang bagaimana cara memulai usaha dan memantapkan usaha.  Termasuk juga menjadikan Credit Union sebagai lembaga yang menolong anggotanya.  Melalui pembekalan dapat mengembangkan forum komunikasi antar anggota terutama tentang sharing pengalaman usaha, sehingga terjalin hubungan erat antar anggota yang sangat berpotensi sebagai ladang pemasaran usaha diantara para anggota.

Metode pembekalan dapat dilakukan dengan cara pengidentifikasian posisi usaha para anggota Credit Union dan rancangan pembekalan pendampingan.  Hal yang perlu diketahui mengenai aspek manajemen bisnis antara lain aspek pasar dan pemasaran serta memahami Kebutuhan, Keinginan, Permintaan.

Materi pertama tentang pembekalan memulai dan mengembangkan usaha produktif anggota Credit Union dapat diawali dengan :

‘’ Pemahaman awal tentang kebutuhan, keinginan, permintaan yang selanjutnya dapat dirumuskan berada dimanakah sasaran konsumen dan penempatan posisi sebagai produsen atau penyalur.’’

Kemudian materi kedua mengenai  strategi pemasaran yang mengulas mengenai:

‘’Identifikasi pasar, bauran pemasaran, teknik mengenalkan produk usaha, teknik menjual, praktek strategi pemasaran.’’

Selanjutnya materi ketiga yang berkenaan pada aspek produksi antara lain:

‘’Mengenal manajemen produksi diawali pada pengertian produksi, pentingnya manajemen produksi, implementasi manajemen produksi, perencanaan sistem produksi, sistem pengendalian produksi, sistem informasi produksi, simulasi bagaimana merancang, mengesekusi dan memperbaiki aspek produksi. 

Materi berikutnya keempat adalah aspek sumber daya manusia yakni:

‘’Rencana SDM, perekrutan dan pengembangan SDM’’

Materi kelima mengenai aspek keuangan, antara lain:

‘’Menentukan kebutuhan dana usaha produktif, modal Kerja, model pelaporan keuangan, analisa  untuk mengukur aktifitas dan performance usaha, melatih membuat perencanaan pendanaan.

Melalui beberapa materi pembekalan memulai dan mengembangkan usaha produktif anggota Credit Union diharapkan bermanfaat bagi anggota dalam mengemasnya dalam pelatihan tepat guna dan berdaya guna yang intinya mampu menjawab kebutuhan anggota. Pada gilirannya Credit Union merancang, monitoring implementasi pembekalan ini secara berkesinambungan, untuk memastikan keefektifan pembekalan ini. 

Semoga bermanfaat. Solusi Cerdas Terpercaya.

 

Share this Post:
WA. 0852-6437-3324

Artikel Terkait: