Pengumuman:
#YukDirumahSaja, mari kita waspada Covid-19 dengan menjaga kebersihan dan melakukan social distancing.
SELAMAT HARI KEBANGKITAN NASIONAL

Berita BKCU

In Memoriam Pastor Linus Oge, Pr., “Rohaniawan dan Pegiat Credit Union”

In Memoriam Pastor Linus Oge, Pr., “Rohaniawan dan Pegiat Credit Union”

Senin, 27 Maret 2020 Jajaran Pengurus, Pengawas, Penasihat, Manajemen dan anggota Puskopdit BKCU Kalimantan Skd dikejutkan dengan berita duka atas meninggalnya salah satu anggota pengurus Puskopdit BKCU Kalimantan Skd, yaitu Pastor Linus Oge, Pr pada pukul 09 : 30 pagi disalah satu rumah sakit di Makassar karena sakit yang di deritanya. Sebelumnya, beliau dikabarkan mengalami kecelakaan tunggal yang menyebabkan luka pada bagian kepala dan kelingking kakinya sehingga harus dilakukan penjahitan pada luka tersebut. 

Riwayat penyakit gula yang dideritanya menyebabkan proses penyebuhan luka yang dialaminya sangat lambat dan mungkin inilah salah satu dari pemicu sehingga beliau meninggal dunia. Pengurus, Pengawas, Penasihat, Manajemen dan anggota Puskopdit BKCU Kalimantan Skd merasa sangat kehilangan atas meninggalnya Pastor Linus Oge, Pr. Beliau merupakan salah satu penggiat dan aktivis CU yang loyal dan memiliki dedikasi tinggi terhadap perkembangan gerakan CU. Hal tersebut dapat dilihat dari peran dan sumbagsih dalam perjalanan beliau sebagai seorang biarawan sekaligus aktis CU.

Pastor Linus Oge Pr merupakan anak pertama dari 9 bersaudara, tiga diantaranya menjadi biarawan termasuk Pastor Linus Oge, Pr. Beliau Lahir di Lolibu, pada tanggal 21 September 1959 dan  mengenyam pendidikan Sekolah Dasar di Wale – Ale tahun 1967 -1972, Sekolah Menengah Pertama di Sekolah Frater Raha tahun 1973 -1975, Sekolah Menengah Atas di Seminari Petrus Claver, Makassar pada tahun 1975 – 1979. Kemudian beliau melanjutkan pendidikan ditingkat perguruan tinggi Fakultas Teologi Weda Bhakti di Yogyakarta pada tahun 1979 – 1984 yang menjadi tahap dimana beliau menjadi seorang Pastor yang di Thabiskan pada tanggal 31 Juni 1988 

Sebagai seorang biarawan beliau juga telah di tugaskan diberbagai tempat perutusannya sebagai seorang imam. Mulai dari masa orientasi sebagai seorang daikon di Pastoral Poaroki Rembon, Diakon di Paroki Makale tahun 1987 – 1988, Pastor kapelan di Paroki Deri tahun 1988, Pastor Paroki di Deri tahun 1988 -1992, Pastor paroki di Mariso tahun 1992 – 1995, Pjs pastor paroki di Pare –Pare tahun 1995, Pastor Paroki di Maleku Mangkutana pada tahun 1996 -2001, Pastor Paroki di Raha pada tahun 2001 – 2005, Pastor Paroki di Unaaha tahun 2005 – 2012, Staf Komisi pengembangan social ekonomi di PSE Keuskupan Makassar dan terakhir belian menjabat sebagai Sekretaris Eksekutif komisi PSE, Komisi Keadilan, Komisi Migran dan Perantau sejak tahun 2015 hingga saat ini.

Dalam dunia gerakan credit union, kiprah Pastor Linus Oge Pr mulai sejak menjadi penggiat berdirinya CU Mekar Kasih pada tahun 2007 di Makassar sekaligus menjadi anggota di CU tersebut. Sebagai seorang aktivis dan penggiat di CU mekar Kasih,  beliau berperan penting dalam berbagai aktivitas di CU tersebut, seperti menjadi penggiat beridirinya beberapa kantor pelayanan seperti Kantor Pelayanan Unaaha, Labasa, Pomala, dan Kendari yang menjadi cikal bakal lahirnya CU Mentari Kasih dan CU Mosinggani di Palu. 

Di CU Mekar Kasih, beliau menjabat sebagai Ketua Pengurus pada periode tahun 2014 – 2016 kemudian berlanjut periode kedua tahun 2017 -2019. Selain di CU Mekar Kasih, peran beliau yang tidak kalah pentingnya dalam gerakan credit union adalah ketika ikut terlibat berperan dalam dalam gerakan Puskopdit BKCU Kalimantan Skd, dimana beliau memberikan waktunya sebagai salah seoarang pengurus pada periode 2018 -2020 dengan jabatan anggota pengurus. 

Selang periode tersebut, baik sebagai pengurus CU Mekar Kasih maupun sebagai pengurus Puskopdit BKCU Kalimantan, banyak hal yang telah beliau curahkan untuk perkembagan dan keberlangsungan gerakan credit union, mulai dari pemikiran, tenanga dan waku pada setiap kesempatan hidupnya di sela beliau sebagai seorang biarawan.   Perjalanan hidup Pastor Linus Oge di dunia memang telah berakhir, namun karya dan dan semangatnya dalam pelayanan kepada sesama masih tetap ada yang semestinya menjadi contoh bagi kita untuk terus meningkatkan perkembangan dan keberlangsungan gerakan credit union. 

Pengalaman dan kemampuan beliau dalam mengelola credit union tidak semerta datang begitu saja, banyak hal yang telah beliau perbuat, mulai dari belajar secara pribadi sampai dengan mengikuti berbagai macam pelatihan, baik eksternal maupun internal yang ditunjukan dari 14 jenis pelatihan yang telah beliau ikuti. Hal tersebut menandakan bahwa beliau adalah orang yang rendah hati, mau belajar dan mencintai apa yang iya tekuni, sebagai seoarang imam dan aktivis credit union. 

Terima kasih Pastor Linus Oge, Pr untuk pengabdianmu dalam gerakan credit union untuk segala pikiran, tenaga dan waktu yang telah diberikan. kita menyanginya namun Tuhan memilikinya. Selamat jalan pastor, damai bersama Bapa di Surga.

 

Share this Post:
Ditulis oleh Seravinus Sony
Staf Personalia

Artikel Terkait: