Pengumuman:
#YukDirumahSaja, mari kita waspada Covid-19 dengan menjaga kebersihan dan melakukan social distancing.
SELAMAT HARI KEBANGKITAN NASIONAL
Selamat dan sukses kepada CU Tilung Jaya dan CU Jembatan Kasih yang sudah Go Live core ESCETE pada tanggal 3 Agustus 2020.

Berita BKCU

Gerakan Credit Union Peduli Covid19

Gerakan Credit Union Peduli Covid19

Pandemi virus corona-covid19 telah membawa dampak langsung bagi masyarakat. Banyak orang kehilangan pekerjaan, usaha ditutup, banyak lembaga menerapkan kerja dari rumah. Pasar-pasar, pertokoan dan pusat perbelanjaan dibatasi aktivitasnya bahkan ditutup. Bagi credit union, dampak dari virus corona ini sangat dirasakan para anggotanya karena mayoritas anggota adalah para petani, buruh, nelayan, pedagang kecil, pengusaha kecil, sopir, karyawan swasta dan lainnya. 

Lembaga credit union pun merasakan dampak dari virus corona ini. Akibat virus corona, kredit lalai di credit union naik, pendapat menurun dan banyak kegiatan bersama anggota tidak dapat dilaksanakan karena pembatasan kegiatan.

Untuk membantu meringankan beban hidup masyarakat, khususnya anggota credit union, maka Puskopdit BKCU Kalimantan bersama 44 credit union primer anggotanya yang tersebar di 25 provinsi di Indonesia, melakukan gerakan “Credit Union Peduli Covid19”.  

“Gerakan ini sudah kami mulai bulan April lalu berupa penyediaan sarana cuci tangan dan pembatas plastik di semua kantor pelayanan, pembagian masker kepada anggota, pemakaian masker di kantor, pengukuran suhu tubuh serta penghentian kegiatan bersama anggota seperti Diklat, dan rapat-rapat,”jelas Edi V. Petebang, Ketua Puskopdit BKCU Kalimantan.

Rabu (20/5) di Aula kantor Puskopdit BKCU Kalimantan, Pontianak, diserahkan bantuan kepada masyarakat umum, khususnya anggota credit union, melalui Komisi PSE Keuskupan Agung Pontianak, Yayasan Karitas Indonesia (Jakarta), dan untuk pengurus/manajemen 44 CU anggota. 

Melalui Komisi PSE Keuskupan Agung Pontianak  disalurkan bantuan Sembako berupa satu ton beras (200 karung @5 kg), 100  bungkus kopi bubuk 2 ons, 100 bungkus gula satu kg dan 100 bungkus minyak goreng 1 liter. Melalui Yayasan Karitas Indonesia berupa paket Sembako senilai Rp25.000.000,00. “Terima kasih atas kerja sama dan perhatian dari Puskopdit BKCU Kalimantan. Kami akan menyalurkan bantuan ini kepada masyarakat yang benar-benar terdampak virus corona,”ujar Br. Kris Tampajara, MTB., Ketua PSE KAP.   

Untuk memberikan dukungan dan perlindungan bagi para pengurus, pengawas, penasihat, komite, manajemen, kelompok inti dari 44 credit union anggotanya, Puskopdit BKCU Kalimantan memberikan 5.000 pcs masker yang diserahkan secara simbolis kepada V.Budi Astuti (Ketua Pengurus CU Khatulistiwa Bakti), Hermanus Abeh (Ketua Pengurus CU Stella Maris), Mustain (Manajer CU Muare Pesisir), Anton Awaludin (Pengurus CU Bina Kasih) dan Thomas Kuslin (Pengawas CU Muara Kasih). Acara ini juga dihadiri Agustinus Alibata, Sekretaris Pengurus, para manajer bidang dan sejumlah staf Puskopdit BKCU Kalimantan.

“Kami menyadari sumbangan ini belum apa-apa dibanding kesulitan masyarakat yang terdampak. Semoga kita tetap semangat dan melihat sisi positif dari pendemi ini. Saya mengajak kita semua, mari terus bergandengan tangan, saling solider, melaksanakan pola hidup sehat dan menjaga kesehatan. Ayo kita dukung para tenaga medis dan relawan covid19. Mari kita mematuhi anjuran pemerintah seperti jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, pakai masker.  agar virus corona ini dapat segera hilang. ,”ujar Edi.

Puskopdit BKCU Kalimantan adalah koperasi sekunder terbesar di Indonesia dengan anggota 44 koperasi primer di Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, NTT, Papua dan Maluku. Per 31 Desember 2019 total anggota individu 479.641 orang dengan total aset Rp6.800.799.972.870,00. Misi lembaga ini adalah untuk memastikan keberlanjutan gerakan credit union melalui tata kelola yang sehat dan terintegrasi untuk meningkatkan kualitas anggota.***

Share this Post:
Ditulis oleh Seravinus Sony
Staf Personalia

Artikel Terkait: