Pengumuman:
Puskodpit BKCU Kalimantan mengucapkan selamat ulang tahun kepada CU Muara Kasih ke - 8, semoga terus berkarya
#YukDirumahSaja, mari kita waspada Covid-19 dengan menjaga kebersihan dan melakukan social distancing.
SELAMAT HARI KEBANGKITAN NASIONAL
Selamat dan sukses kepada CU Tilung Jaya dan CU Jembatan Kasih yang sudah Go Live core ESCETE pada tanggal 3 Agustus 2020.

Berita Credit Union

Gerak Digitalisasi CU Lingkup BKCU Kalimantan: Semakin Kokoh Menghadapi Tantangan Pandemi COVID-19

Gerak Digitalisasi CU Lingkup BKCU Kalimantan: Semakin Kokoh Menghadapi Tantangan Pandemi COVID-19

Sudah barang tentu, digitalisasi sangat bermanfaat, baik bagi anggota maupun bagi Lembaga CU. Sederet manfaat bagi anggota antara lain: memudahkan transaksi tanpa harus ke kantor CU, karena anggota CU dapat melakukan transaksi kapan saja, dimana saja dengan siapa saja secara aman, mudah, dan terjangkau, berkat adanya Aplikasi Mobile Escete dan Core System. 

Selain itu, anggota dapat memenuhi kebutuhan harian dan pembayaran tagihan dengan mudah dan efisien. Anggota juga dapat mengecek seluruh transaksi dan kewajiban di CU secara real time. Bahkan diproyeksikan anggota dapat meningkatkan pendapatan anggota melalui bantuan jaringan 

Dari sisi operasional, Aplikasi Escete yang terkoneksi dengan Core System memberikan kemudahan bagi para pengurus dan manajemen CU untuk memproses transaksi CU secara real time dan tersentralisasi, serta memudahkan monitoring  pelaporan secara harian. Proses pelaporan keuangan bulanan, misalnya, yang selama ini  masih melibatkan proses transfer data ke format excel, lalu diolah kembali dan cenderung dapat memunculkan kesemrautan data, sudah dibarui dengan sistem pelaporan yang fix dan build-up dari core system

Hal ini membantu manajemen lebih efisien, cepat, lengkap, memudahkan pengawasan, dan tentunya meminimalisir fraud. Rekam digital data dan transaksi, juga dengan mudah didapatkan oleh pegurus dan pengawas, jika sekiranya ada keperluan aksidental.

1) Peluncuran layanan tarik tunai pada jaringan ATM perbankan

Tujuan dari pengembangan layanan tersebut tentunya tidak lain untuk memudahkan anggota dalam melakukan transaksi tarik tunai tanpa harus hadir pada Tempat Pelayanan (TP). Anggota dapat melakukan tarik tunai menggunakan kartu ATM CU, dan dapat menarik di ATM perbankan manapun di seluruh Indonesia. Ini sangat membantu anggota yang berada di perkotaan dan sudah terbiasa menggunakan mesin ATM perbankan.

2) Peluncuran layanan setor dan tarik tunai pada  toko ritel 

Tujuan dari pengembangan layanan ini tentunya tidak lain untuk memudahkan anggota dalam melakukan transaksi setor dan tarik tunai pada took-toko ritel, tanpa harus hadir pada Tempat Pelayananan (TP). Toko-toko ritel sudah menjangkau kotal-kota kecil di seluruh wilayah Indonesia, sehingga anggota dengan mudah menarik dan menyetor secara tunai di toko ritel. Ini sangat cocok bagi anggota CU yang tidak bisa menggunakan kartu ATM CU. 

3) Peluncuran layanan finansial melalui jaringan agen CU 

Tujuan dari pengembangan layanan tersebut adalah untuk dapat memudahkan anggota dalam melakukan transaksi tanpa harus hadir di TP serta meningkatkan pendapatan anggota.

4) Proyek kolaborasi digital antara CU dengan Pelaku Industri

Dalam program ini, para anggota CU yang merupakan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) akan bekerjasama dengan pelaku industri untuk melakukan transformasi digital di seluruh lini produksi dan bisnis mereka. CU adalah perantara dan partner anggota. Dengan mengadopsi beragam teknologi dan practice yang ada, anggota CU diharapkan dapat mempunyai hasil produksi dengan kualitas pasar dan bisnis yang berkelanjutan. Dengan demikian ada kepastian hasil usaha anggota terserap oleh dunia industri, dan tidak hanya secara lokal, tetapi mencakup seluruh daerah secara nasional. Bagi CU, anggota yang semakin luas berproduksi, meningkatkan pinjaman produktif di CU, dan kredit lalai bisa diminimalisir.

Roadmap digitalisasi tersebut telah disepakati bersama dan tahap demi tahap telah direaliasikan oleh CU-CU Puskopdit BKCU Kalimantan. Saatnya untuk beradaptasi dengan situasi “new normal” dengan kekuatan digitalisasi CU. Semoga dengan demikian CU dapat menjawab tuntutan pelayanan terhadap anggotanya terutama di tengah merebaknya wabah COVID-19 seperti saat ini dan juga untuk keberlanjutan gerakan CU di masa depan.

 

Jakarta, Juni 2020

Dr. Fredy Rante Taruk, Pr

Ketua CU Sauan Sibarrung

(Tulisan ini telah dimuat dalam Majalah PICU No. 55/Th.10 Edisi Mei - Juni 2020)

Share this Post:
Ketua CU Sauan Sibarrung

Artikel Terkait: