Pengumuman:
Dirgahayu Indonesia ke 74 tahun - SDM Unggul Indonesia Maju

Berita BKCU

FOCUS untuk Memastikan Keberlanjutan Credit Union

FOCUS untuk Memastikan Keberlanjutan Credit Union

Misi credit union adalah untuk meningkatkan kualitas hidup anggotanya. Karena itulah, sudah seharusnya semua credit union memberikan pelayanan terbaik kepada anggota sesuai standar tata kelola credit union seperti yang sudah ditetapkan oleh gerakan CU se-Asia, yakni Asociation of Asian Confederation of Credit Union (ACCU). Standar tersebut dirumuskan dalam 

Kesadaran bersama itulah yang mempertemukan empat Pusat Koperasi Kredit (Puskopdit) di Kalimantan Barat untuk bersinergi bersama. Keempat Puskopdit tersebut adalah Puskopdit BKCU Kalimantan, Puskopdit Kapuas, Puskopdit Khatulistiwa dan Puskopdit Borneo.    

Untuk lebih mengefektifkan kerja-kerja bersama keempat Puskopdit di Kalimantan Barat, maka tanggal 21 September 2019 di Pontianak dilaksanakan Forum Credit Union Sekunder (FOKUS). Bertindak sebagai tuan rumah adalah Puskopdit BKCU Khatulistiwa. Dalam FOCUS tersebut dihadiri Pengurus dan Pimpinan Manajemen keempat Puskopdit serta Pengurus dan Pimpinan manajemen perwakilan dari credit union primer anggota keempat Puskopdit yang ada di Kalimantan Barat.

  Ada sejumlah agenda yang dibahas dalam pertemuan yang difasilitasi Edi V. Petebang dan Mikael tersebut. Pembahasan pokok adalah evaluasi kesepakatan bersama tahun 2018. Dari hasil diskusi, maka forum menyetujui sejumlah kesepatan bersama, antara lain sebagai berikut.

Pertama, merayakan Credit Union Day secara bersama-sama mulai tahun 2019 pada bulan Oktober 2019. Kedua, mengadakan pendidikan dan pelatihan yang berkaitan dengan pengembangan sumber daya manusia;yakni sertifikasi Manajer dan pelatihan CUDCC. Ketiga, sharing resources dalam pedidikan, pemberdayaan dan teknologi informasi. Berupa pertukaran SDM antar CU dikoordinasikan oleh Puskopdit sesuai kebutuhan. (misal: penanganan KL, pendampingan pengembangan komunitas basis, dll; fasilitasi pelatihan manajemen antar CU.

Ketiga, mengadakan forum para Manager dan General Manager Puskopdit dan Kopdit Primer untuk menyepakati kode keaktifan anggota. Keempat, menjajaki penyediaan aplikasi CU checking. Kelima, sharing informasi internal tentang mantan pengurus pengawas, komite , kelompok inti dan staf yang bermasaiah dengan primer dan atau sekunder. Keenam, mengadakan Forum Credit Union di wilayah tertentu yang wilayah pelayanan beririsannya dalam kecamatan.

Ketujuh, dalam pengembangan wilayah/pembukaan kantor TP, maka pengurus CU Primer membuat surat pemberitahuan ke CU primer di wilayah tersebut, dengan tembusan ke Pusat Koperasinya. Kedelapan, mengelola wilayah pengembangan dengan memperhatikan efisiensi dan rentang kendali untuk menciptakan CU yang aman, sehat, terpercaya dan berkelanjutan melalu.

Kesembilan, tahapan-tahapan rekrutmen anggota di CU primer adalah (1). diterima sebagai calon anggota sesuai aturan CU masing-masing; (2). mengikuti pendidikan wajib; (3). diterima sebagai anggota penuh. Kesepuluh meminta lnkopdit tentang amandeman AD/ART lnkopdit.

Kesepuluh, dibentuk Tim FOCUS yang terdiri dari ketua pengurus dari Puskopdit BKCU Kalimantan, Wakil Ketua Puskopdit Kapuas, Ketua Puskopdit Khatulistiwa, Ketua Puskopdit Borneo serta Yunita. Tim bertugas menindaklanjuti Kesepakatan Bersama Forum FOCUS 2019. 

Kesepakatan bersama tersebut ditandatangani oleh Edi V.Petebang (Ketua Puskopdit BKCU Kalimantan); Antonius (Ketua Puskopdit Kapuas; Mikael (Ketua Puskopdit Khatulistiwa); Toni (Pengurus Puskopdit Borneo). Juga disaksikan oleh perwakilan CU Khatulistiwa Bakti, Ignatius Basno; CU Lantang Tipo, Sabinus; CU Bima, Yudisto; CU Keling Kumang, Marselina Erni.   

Tahun 2020 pertemuan FOCUS akan diadakan kembali yang akan dilaksanakan di Sintang. Semoga kesepakatan-kesepatan Bersama tersebut bisa diimplementasikan.***

Share this Post:
Ditulis oleh Edi V. Petebang
Aktivis Credit Union

Artikel Terkait: