Pengumuman:
#YukDirumahSaja, mari kita waspada Covid-19 dengan menjaga kebersihan dan melakukan social distancing.
SELAMAT HARI KEBANGKITAN NASIONAL

Berita BKCU

Esensi dan Kebersamaan dalam RAT menjadi Prioritas

Esensi dan Kebersamaan dalam RAT menjadi Prioritas

Pandemi yang melanda Dunia saat ini sangat menyita perhatian dan mengubah segala rancana. Tak terkecuali perencanaan yang sudah dirancang dan sepakati di Puskopdit BKCU Kalimantan. Berbagai usaha dan upaya untuk menyusun strategi perbaikan dan penataan ulang pun dilakukan. Satu diantaranya yaitu kewajiban tahunan yang harus dipenuhi oleh setiap koperasi / credit union baik primer maupun sekunder adalah pertanggungjawaban (LPJ) pengurus dan penyampaian laporan hasil pengawasan (LHP) pengawas dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT). 

RAT TB 2019 yang seyogyanya dilaksanakan pada 1 s.d. 3 Juni 2020 secara resmi di tunda berdasarkan keputusan nomor 440/BKCU/DP/V/2020.

Berikut pernyataan ketua pengurus Puskopdit BKCU Kalimantan Skd yang kami rangkum melalui media komunikasi.

Pertama

Pengurus secara resmi menunda pelaksanaan RAT TB 2019 yang semula dijadwalkan 1 s.d. 3 Juni 2020 (seperti surat yag sudah dikirim). 

Kedua

Sesuai Permenkop RI No.19/Per/M./KUKM/IX/2015 tentang Penyelenggaraan rapat anggota Koperasi, Pasal 7 ayat 5 (a): “Rapat Anggota Tahunan diadakan 1 (satu) kali dalam setahun dan dilaksanakan paling lambat dalam jangka waktu 6 (enam) bulan setelah tutup buku”. 

Berdasarkan penmen tersebut RAT juga dapat dilaksanakan secara tertulis (pasal 15), dan melalui media elektronik (pasal 16).

Ketiga

Meskipun demikian, pengurus tetap berharap RAT dapat dilaksanakan seperti biasa karena selain penyampaian LPJ dan LHP, aspek lain yang esensi dari pelaksanaan RAT adalah wahana kita, para aktivis/volunter credit union, untuk saling sharing, solidaritas, memperkuat satu sama lain dalam satu gerakan pemberdayaan Nusantara. 

Keempat

Meskipun RAT belum dilaksanakan, Program Kerja Puskopdit BKCU Kalimantan TB 2020 dapat berjalan karena sudah disahkan dalam RARK-RAPB. 

Kelima

Jika sampai akhir Juni 2020, RAT TB 2019 belum memungkinkan dilaksanakan secara normal, maka Pengurus akan memutuskan melaksanakan RAT TB 2019 dalam bentuk lain namun tetap mengacu pada peraturan pemerintah. 

Terakhir

Semoga wabah pandemi ini cepat menemukan jalan keluar, sehingga kegiatan kehidupan dan berorganisasi kita bisa berjalan normal dan lancar.

Mari kita melaksanakan anjuran kesehatan untuk pencegahan virus covid-19 dan terus berdoa semoga Tuhan membasmi virus ini dari muka bumi. Salam SCT, Edi Petebang, Ketua Pengurus.

Share this Post:
Ditulis oleh David Kukuh
Penulis beberapa artiker Puskopdit BKCU Kalimantan

Artikel Terkait: