Pengumuman:
"Solusi Cerdas Terpercaya"

Berita Credit Union

Bersama PUSKOPDIT BKCU Kalimantan, Koperasi Credit Union Sumber Rejeki semakin siap dalam bidang perkreditan

Bersama PUSKOPDIT BKCU Kalimantan, Koperasi Credit Union Sumber Rejeki semakin siap dalam bidang perkreditan

Menyimpan dan meminjam adalah dua hal yang tidak terpisahkan dalam usaha Koperasi Credit Union Sumber Rejeki (KCUSR), merupakan bagian wlayah yang rentan terhadap kerugian karena penurunan tingkat ekonomi, salah pengelolaan pinjaman, salah dalam penilaian dari staf kredit kepada calon peminjam. Dalam pemberian pinjaman kelemahan dalam aturan simpan-pinjam juga mempengaruhi keberhasilan pemberian pinjaman itu sendiri.

Selain itu, dengan bermacam-macam orang yang menangani bermacam-macam hal dengan cara yang berbeda-beda, dapat menimbulkan masalah yang besar. Hal ini menimbulkan kehilangan kontrol dan berujung pada masalah-masalah yang sebenarnya tidak perlu terjadi.

Oktavianus Ladjar selaku General Manager Koperasi Credit Union Sumber Rejeki menyampaikan dalam sambutannya bahwa Piutang yang beredar pada anggota Kopeasi Credit Union Sumber Rejeki per 31 Maret 2019 sebesar Rp. 323.923.372.330,- (tiga ratus dua puluh tiga miliar Sembilan ratus dua puluh tiga juta tiga ratus tujuh puluh dua ribu tiga ratus tiga puluh rupiah). Dengan jumlah anggota peminjam sebanyak 12.379 (dua belas ribu tiga ratus tujuh puluh Sembilan) orang, membutuhkan staf kredit yang mampu untuk memastikan bidang perkreditan dikelola dan terdata dengan baik, yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota bukan menciptakan beban financial yang baru.

Untuk mengelola usaha Koperasi Credit Union Sumber Rejeki tentu dibutuhkan pengetahuan dan keterampilan. Pengetahuan dan keterampilan seorang staf dapat diperoleh melalui pendidikan dan pengalaman dalam menjalankan tugasnya. Kompetensi staf kredit sangat dibutuhkan dalam mengelola Koperasi Credit Union Sumber Rejeki pada era globalisasi ini.

Gagasan kreatif dan inovatif yang senantiasa mengalir dari insan Aktivis Koperasi Credit Union Sumber Rejeki saat ini sangat diperlukan. Untuk itu, KCUSR sangat berterima kasih kepada Puskopdit BKCU Kalimantan yang terus memberikan perhatian secara serius terhadap keberlanjutan gerakan KCUSR dalam peningkatan kualitas sumber daya pengelola melalui pembelajaran dan pendampingan terpadu.

Torianto selaku Ketua Pengurus Koperasi Credit Union Sumber Rejeki menegaskan bahwa pembelajaran dan pendampingan yang dilakukan secara terus menerus, akan menghasilkan sikap profesional para pengelola KCUSR agar tercapainya visi dan misi KCUSR. Sebagai titik awal, Pengurus, Pengawas, General Manajer, Manajer Bidang, Manajer Tempat Pelayanan dan staf bidang perkreditanlah yang paling diharapkan dapat meneruskan keberlanjutan KCUSR di masa mendatang dan dituntut harus dapat mengetahui, memahami dan melaksanakan tugas dan tanggungjawab sebagai seorang aktivis.

Beberapa hal yang dihasilkan dari pendampingan Puskopdit BKCU Kalimantan yang kali ini sangat tepat dilakukan oleh seluruh aktivis KCUSR, yaitu :

  1. Membangun Citra Koperasi Credit Union Sumber Rejeki yang baik dikalangan anggota dan masyarakat pada umumnya.
  2. Memahami Fungsi, Tugas dan Tanggung Jawab Pengurus, Pengawas, General Manager, Manager Bidang, Manajer Tempat Pelayanan dan staf kredit Koperasi Credit Union Sumber rejeki secara utuh dan menyeluruh.
  3. Merapkan konsep Marketing Perkreditan yang baik dan benar di Koperasi Credit Union Sumber Rejeki.
  4. Siklus Manajemen Perkreditan dan Pengawasan Pinjaman.
  5. Kepatuhan (Compliance) terhadap MO/MP bidang perkreditan KCUSR.
  6. Peminjaman Berbasis Kemampuan dan Peminjaman Yang Bertanggung Jawab.
  7. Tata Kelola Credit Union Yang Sehat.
  8. Penilaian Kinerja dan Pengembangan Pengurus, Komite Kredit dan Staf Kredit

Koperasi Credit Union Sumber Rejeki sangat berterima kasih atas Pendampingan dari Puskopdit BKCU Kalimantan yang kali ini difasilitasi oleh Bapak Herculanus Irwandi yang dilaksanakan pada tanggal 23 s.d 27 April 2019 berlangsung baik dan sangat akrab.

Kegiatan pendampingan ini diharapkan dapat menambah wawasan Pengurus, Pengawas, General Manager, Manajer Bidang, Manajer Tempat Pelayanan dan Staf Kredit Koperasi Credit Union Sumber Rejeki terutama pengetahunan dalam memastikan tata kelola yang baik (good governance) bidang perkreditan di Koperasi Credit Union Sumber Rejeki. Salam Solidaritas….

Ampah, 15 Mei 2019

Oleh, Manajer Bidang Diklat dan Pemberdayaan

Poltak Gultom, SP

Share this Post:
Ditulis oleh Poltak Gultom, SP

Artikel Terkait: