Pengumuman:
#YukDirumahSaja, mari kita waspada Covid-19 dengan menjaga kebersihan dan melakukan social distancing.
Solusi Cerdas Terpercaya

Kegiatan CUAL

BERBENAH  DIRI   DI  ERA  PANDEMI

BERBENAH DIRI DI ERA PANDEMI

MARI BERBENAH DIRI , DI TENGAH PANDEMI (7 Catan Penting di balik RAT Online Kopdit CU Angudi Laras Purworejo Tb.2020 ; 12/2-21. By. Lukas Eko Sukoco

.

Paling tidak, ada “ TIGA ilihan Hidup” ; bagaimana kita menjlani hidup di tengah Pademi Covid 19 yang masih saja menghantui di seluruh dunia ini. Pilihan Pertama: Sikap Menyerah kalah dan pesimistis.. Alasannya kita semua menjadi korban…Vaksin yang ampuh belum ditemukan… Mutasi Virus terus terjadi sehingga sulit ditundukan.

Pilihan Ke dua : Sikap Cuek, apatis, dan cenderung fatalistic . Kita berpikir, Yang terjadi, terjadilah… kita bisa apa ?. Kalau memang jatahnya terinfeksi dan sakit lalu meninggal.. y aitu sudah jatahnya. Kita tak bisa mengelak… bila saatnya mi nggal dunia tiba… dengan cara apapun.

Pilihan Ke tiga: Sikap Optimis dan dinamis menjalani hidup. Hidup adalah perjuangan yang musti dijalani. Boleh Lelah, tapi pantang menyerah. Pasti ada jalan ke luarnya.

Ke tiga sikap tersebut saling mempengaruhi; namun dengan penuh kesadaran, kami komunitas Kopdit CU ANGUDI LARAS memiliki kecenderungan kuat untuk memilih Sikap yang terakhir: OPTIMIS dan DINAMIS. Bukan pesimis. Bukan apatis…apalagi fatalis…

Inilah buktinya, yang kami rangkai dalam tujuh catatan penting, sebagai berikut:

01. KONSISTEN

1. Sikap Konsisten sebagai Koperasi yang sehat dan migunani… antara lain dinampakkan dalam 4 agenda wajib Tahunan, yaitu: : OD -Organization Development (12/1-20). RAT – Rapat Anggota Tahunan TB 2019 (25/1-20), Monev - monitoring dan evaluasi (21/7-20), BP Business Plann 2021 (15-16/1-20 dan 12/12-20.

Sikap Konsisten itulah yang menyemangati kami sehingga tetap menggelar RAT (Rapat Anggota Tahunan) Online Taun Buku 2020 di Joglo Mitra inasih Purworejo (12/02-2021). Semuanya dilakukan dengan bersemangat dengan memperhatikan Prokes (Protokoler Kesehatan).Bertempat di Joglo Padepokan Diakonia MITRA KINASIH Jl. Jend. Sudirman 11 Purworejo 54114. RAT diikuti oleh Semua Pengurus, Pengawas, Manajemen, dan perwakilan Anggota. Sementara kebanyakan anggota mengikuti RAT TB. 2020 dari rumah masing masing, melalui: (a).streaming Radio MITRA FM (b).streaming Youtube Chanel CU Angudi Laras. RAT dihadiri secara langsung oleh Perakilan dari Dinas Koperasi Kabupaten Purworejo, Dewan Koperasi Daerah Purworejo, dan kehadiran secara virtual adalah dari Bupati Purworejo serta Pengurus Puskpdit CU INDONESIA (PUSKOP CUINA).

02. KREATIF

Ketika Pandemi Corona Virus desease 19 (COVID 19) mewabah. Praktis hamper semua kegiatan terhenti. Lalu tertatih-tatih berjalan dengan Protokoler Kesehatan yang ketat. Uniknya, justru pandemic telah berubah menjadi semangat baru untuk lebih kreatif.

Lihatlah: Pasar Online JoKmenthus mendadak heboh/ramai. Tak heran… Ketika hamper semua area bisnis terbilang sepi pembeli… justru di Pasar online Jo Kmenthus sangat ramai… Sejalan dengan itu, beberapa aktivis CUAL bergerak diberbagai lini. Sehingga lahirlah Komunitas Wirausaha Mitra Kinasih Purworejo (11/6-20), dan Komunitas Wirausaha GKJ Klasis Purworejo – dengan KPB (Kantor Pemasaran Bersama) – diresmikan oleh Sinode GKJ (15/12-20).

Tak hanya itu, kesadaran bahwa CU Agudi Laras harus lebih bermanfaat bagi anggota dan masyarakat sekitar - tak hanya urusan “Simpan Pinjam” maka lahirlah Program Canthelan. Di mana ada Tas Plastik yang berisi berbagai kebutuhan pokok/sembako yang ditaruh /Jawa:dicanthelkan; di pagar depan dan gratis, boleh diambil oleh masyarakat sekitar yang membutuhkan. Program ini berpadu, menggunakan dana sosial CUAL dan Dana Spontanitas warga CUAL bahkan banyak yang berupa Natura (beras, Gula, Teh , Kopi dan Sayuran).

03. INOVATIF

Akibat pandemic, kegiatan Pemberdayaan Anggota, Pendidikan dan Latihan mendadak terhenti. Situasi ini memuncul ide baru untuk melakukan kegiatan Diklat secara online. Maka dibuatlah dua Langkah sekaligus: a).Penyiapan materi materi online (utamanya Diksar dan FL) lalu b).Penyegaran bagi fasilitator untuk memiliki kemampuan diklat secara online. Begitulah , era pandemic memunculkan inovasi diklat online baik melalui WA, IG, Fb dan Youtube.

Untuk itulah , Ketika Kementriam Koperasi RI mengadakan Pelatihan Online yakni Workshop UKM KEMENKOP RI . Banyak aktivis CUAL yang mengikutinya, bersama seluruh peerta seIndonesia. Dari 70 peserta terpilih 40 orang diijinkan masuk program lanjutan Program Inkubasi UKM Kemenkop RI. Dan Dari 40 peserta, dipilih 10 Peserta Terbaik untuk ke Jakarta dalam acara Presentasi Final project. Ini luar biasa…. Inovatif CUAL telah menular…akibatnya, dari 10 Peserta terbaik se-Indonesia. Ternyata 2 Orang adalah Kader CUAL (dalam diri Lukas ES dan Ima Rosanti) .

04. YOUTH – MILENIAL

Sungguh tak terduga, CUAL didera perubahan struktur organisasi; olehkarena Bp Nur Edi Cahyono, SE., M.Akt. selaku Salah satu Pendiri, sekaligus Ketua CUAL, mendadak harus mengundurkan diri karena alasan Kesehatan. Sejenak Pengurus – pengawas mengalami kekagetan. Akhirnya, kesulitan tetap harus dihadapi. Lukas Eko Sukoco, M.Th. PC. , dipilih untuk naik menjadi Ketua CUAL. Dan Sri Yuliasi, S.Si. naik menjadi Wakil Ketua. Yang unik adalah seluruh Pengurus dan Pengawas juga sepakat untuk memunculkan Kader baru dari Sosok Youth – Millenial sebagai Pengurus PAW (Pengganti Antar Waktu) CUAL. Ini sebuah lompatan bagus sejalan dengan kesepakatan PUSKOP CUINA agar CU memberi kesempatan Youth – Millenial sebagai aktivisnya.

Sejarah Baru terjadi. Terpilihlah sdr. Visca Trivia Olivia Navyri (21) sebagai Anggota Pengurus CUAL PAW. Luar biasa. Tak hanya itu, dibentuklah KOMITE YOUTH CUAL yang langsung bekerja sebagao Panitia Penyelenggara HUT CUAL ke 10 (3 Januari 2011 – 2021). Dalam RAT 12 Januari 2021 ybl. Komite Youth CUAL dilantik angsung secara virtual oleh Pengurus PUSOP CUINA

05. MIGUNANI DI TENGAH RESESI EKONOMI

Ungkapan ini bukan dalam rangka membanggakan diri. Ungkapan ini kami pinjam dari anggota yang merasakan bahwa CU Angudi Laras – CUAL sungguh-sungguh MIGUNANI (bermanfaat) bagi anggota. Lihatlah: Kehadiran produk Tabungan Darurat SAMEKTA mendadak menjadi primadona di tengah pandemic Covid 19. Banyak anggota yang lalu memanfaatkan SAMEKTA – dana darurat gaya CUAL. Memang Total asset mengalami penurunan dari target Rp.12.827.080.247,oo; menjadi Rp. 10.243.963.547,oo; Aset turun 2 milyar lebih. Begitu juga dengan : pinjaman beredar, Pendapatan usaha dan Pendapatan Non Usaha…semuanya mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Yang menarik adalah CUAL dihayati oleh warganya sebagai yang BERMANFAAT / MIGUNANI…. Tak heran bahwa warga semakin bersemangat bahkan tak kami duga…. Kredit Lalai dari target 4% (yang sebelum nya kami duga hal ini sangat berat) ternyata Kredit lalai justru turun lagi menjadi hanya 2%. KL. 2% ….Ini sangat luar biasa.

06. CUAL KOPERASI MODERN – KEKINIAN

Koperasi Kredit CU Angudi Laras memiliki cita-cita mulia; salah satunya adalah menjadi Koperasi MODERN – KEKINIAN. Oleh sebab itu selain, membidik generasi Youth Millenial, berbasis Gender…. Maka CUAL berupaya untuk terus memuat pengkinian data database), akrab dengan digitalisasi dan menjadi Relevan. 4 issue utama : Digitalism, Databasem Youth /Millenial/Gender dan Relevan. Hal ini bukan sekedar Program 2021. Namun sudah terjadi dan sudah dilakukan. Salah satunya adalah Program EsCeTe.

Program Escete – adalah Program Bersama CU di bawah Koperasi Sekunder PUSKP CUINA yang berkantor pusat di Pontianak. Dengan Program Escete – maka warga CUAL bia berstransaksi secara cepat - Kapanpun dan Di manapun. Tranfer – Belanja – Ambil Uang – Membayar Cicilan – Menabung – dll Cukup dari rumah saja atau dari Toko Modern terdekat (Alfa maret). Besar harapan kami di tahun 2021 dst., Program Escete bisa lebih berdaya guna – sehingga CUAL makin menjadi Koperasi Modern dan Kekinian untuk menyejahterakan warganya.

07. TUWUH – NGREMBAKA – MUNPANGATI

Ungkapan Jawa ini menyimpan idealisme yang besar dan bermanfaat. Mari kita Cermati:

Tuwuh (bertumbuh) – Ngrembaka (berkembang) – Munpangati (Bermanfaat – Migunani) sejatinya masih membutuhkan perjuangan – kegigihan – kecerdasan – kesungguhan dan tentu berkat Penyertaan Tuhan. CU Angudi Laras masih harus terus berjuang; baik sendiri maupun Bersama dengan CU CU lain di bawah PUSKOPDITCUINA serta pihak-pihak lain, agar tetap bisa eksis dan senantiasa berbenah diri di era pandemic.

Kita sudah dan terus tingkatkan aneka program, antara lain: Coaching Clinic, WAG Kombas dan KBU , Kunjungan Usaha Anggota, Jejaring pemasaran dan Katalog online, dsb. Sunggupun demikian… Harus kita akui, bahwa kita memang masih jauh dari sempurna.

Mari kita ber refleksi bahwa dari Data RAT Tahun Buku 2020, kita menemukan bahwa KOMBAS (Komunitas Basis) dan KBU (Komunitas Bina Usaha) masih perlu ditingkatkan lagi peran dan fungsinya.

Begitu juga dengan Usaha CU Angudi Laras TB 2020, ternyata baru 6 indicator yang benar-benar ideal (dari 13 indicator yang ada). Itu berarti: Usaha CUAL masih belum ideal. Masih harus terus berjuang !

Sementara Anggota CUAL yang aktif baru mencapai 42% (dari total anggota), Pinjaman Beredar masih perlu ditingkatkan dan Penambahan Anggota masih belum sesuai Harapan.

Peran serta CUAL di masyarakat luas perlu dipertahakan, syukurlah bila bisa ditingkatkan; ada bantuan air bersih, ada CUanthelan, ada Pemasangan Tong Sampah di sepanjang Jl. Suryokusuman, dll.

Jangan Patah Semangat , mari kita rapatkan bariskan untuk harus terus berbenah diri , di era pandemic. Tuhan menyertai. AMIN.

Purworejo; Padepokan Diakonia Mitra Kinasih

Rabu Abu, 17 Februari 2021

LES

Share this Post:
Ditulis oleh Lukas Eko Sukoco
Ketua Pengurus CU Angudi Laras

Artikel Terkait: