Pengumuman:
#YukDirumahSaja, mari kita waspada Covid-19 dengan menjaga kebersihan dan melakukan social distancing.
SELAMAT HARI KEBANGKITAN NASIONAL

Berita

ANDA KLIK, KAMI CAIRKAN : Pinjaman Online Via Aplikasi Mobile Sauan

ANDA KLIK, KAMI CAIRKAN : Pinjaman Online Via Aplikasi Mobile Sauan

Terobosan pelayanan CU Sauan Sibarrung terus bergulir. Kini giliran proses pinjaman yang dapat dilakukan melalui aplikasi online Sauan Mobile di Tahun Buku 2020. Program ini merupakan lanjutan dari beberapa tahapan pelayanan CU Sauan Sibarrung melalui aplikasi online Sauan Mobile. Anda Klik, Kami Cairkan!

Anggota hanya membutuhkan waktu singkat untuk melakukan pinjaman online. “Anggota yang ingin melakukan pinjaman online pertama-tama membuka menu PINJAMAN ONLINE pada aplikasi Sauan Mobile, kemudian mengisi form aplikasi, yakni: jumlah yang hendak dipinjam, berapa lama pengembalian, tujuan pinjaman, dan model pembayaran angsuran yakni angsur manual atau auto debet dari rekening simpanan Pasallo” jelas Desti Sarangnga’, S.Kom, Staf IT Kantor Pusat CU Sauan Sibarrung.  Setelah mengisi form, anggota melakukan submit. Jika data peminjaman telah terkirim, staf kredit TP akan memverifikasi form tersebut. Jika memenuhi syarat, maka dana akan segera ditransfer ke rekening Simpanan Harian / Pasallo anggota. Anggota kemudian dapat mengambil dana dari rekening Pasallo-nya.

“Jadi prinsipnya sangat simple.Anggota tidak perlu bolak-balik ke kantor untuk mengajukan pinjaman. Anggota hanya perlu datang satu kali saja ke kantor, yakni saat mereka ingin mengambil dana tunai yang telah ditransfer ke Pasallo mereka  atau bias juga di transfer ke bank luar seperti BRI, BNI, mandiri dan bank-bank lainya lewat aplikasi Sauan”  tambah Desti.

 

Untuk tahun buku 2020, pinjaman online CU Sauan Sibarrung hanya dapat diajukan bagi anggota yang belum memiliki pinjaman, dan besar pinjaman adalah sebesar simpanan mereka di CU. Hal ini penting, sebab program ini masih dalam tahap awal dan masih perlu dikembangkan dan dievaluasi terus menerus, agar semakin baik seiring dengan kebutuhan anggota.

Sejak diluncurkan pada tahun buku 2018, Aplikasi Sauan Mobile sudah menampilkan beragam pelayanan yang memudahkan anggota untuk melakukan transaksi. Beberapa pelayanan yang sudah dapat dimanfaatkan oleh anggota antara lain adalah:

  1. Mengecek jumlah dan saldo seluruh simpanan secara real time.
  2. Mengecek jumlah dan saldo seluruh pinjaman dan jumlah angsuran yang akan dibayar dalam bulan berjalan secara real time.
  3. Melakukan transfer ke antar Pasallo di CUSS.
  4. Melakukan transfer dari Pasallo ke seluruh bank.
  5. Menerima transfer dari seluruh bank ke rekening Pasallo .
  6. Melakukan pembelian: token listrik, pulsa telepon.
  7. Melakukan pembayaran tagihan listrik pascabayar, tagihan Telkom Speedy,TV dan HP Pasca Bayar.
  8. Melakukan TARIK TUNAI melalui mesin CCM, dengan menggunakan QR Code pada HP Adroid.
  9. Melakukan SETOR TUNAI melalui mesin CDM, dengan menggunakan QR Code pada HP Adroid.

Selain itu, di awal tahun buku 2020 ini CU Sauan Sibarrung telah mengoperasikan Mobil Kas Keliling, dimana anggota yang berada di kampung-kampung dapat dikunjungi, dan mereka dapat bertransaksi (menyimpan dan menarik) secara real time. Buku simpanan dan pinjaman anggota juga sudah dapat dicetak langsung oleh staf yang melayani dengan Mobil Kas.

Semoga pelayanan ini semakin membantu anggota untuk melakukan transaksi keuangan di CU Sauan Sibarrung. Yamokeee…

Share this Post:
Ditulis oleh Anthonius Pararak
Wakil Ketua CU Sauan Sibarrung

Artikel Terkait: